Profile
Kesehatan Bayi

Susu Kedelai Aman Bagi Bayi?

Susu Kedelai Aman Bagi Bayi?

Berbagai pilihan susu formula di pasaran tak jarang membuat orangtua kebingungan saat memilih susu formula untuk bayinya. Sebut saja, saat bayi mulai memasuki masa transisi dari ASI ke susu formula. Salah satu pilihan susu formula yang tersedia adalah susu kedelai (soya) yang dapat menjadi pelengkap nutrisi bagi bayi.

Susu kedelai dapat menjadi pilihan jika bayi bermasalah dengan susu sapi (alergi terhadap proteinnya), memiliki kondisi intoleransi laktosa, hingga galactosemia (tidak dapat mengonsumsi susu dari hewan apapun maupun ASI), atau jika Anda sekeluarga menjalankan gaya hidup vegetarian. 


Saat ini, penggunaan susu kedelai sudah diperbolehkan sejak usia bayi di bawah 6 bulan, kecuali untuk bayi prematur. Susu kedelai juga boleh dikonsumsi bila bayi terindikasi untuk menggunakan susu kedelai. Berdasarkan penelitian, potensi efek samping yang merugikan akibat kadar phytoestrogen dalam  susu kedelai tidak terbukti.

Bicara soal kandungan vitamin dan nutrisi, susu kedelai memang tak sekaya susu sapi. Namun kini sudah tersedia pilihan susu kedelai dengan tambahan vitamin A, vitamin D, vitamin B, folat, dan kalsium. 


Susu kedelai dapat menggantikan susu sapi karena mengandung kekayaan protein yang baik bagi anak. Namun, jika Anda memutuskan mengalihkan konsumsi susu secara sepenuhnya ke susu kedelai, Anda harus mengawasi asupan kalsium anak.

Hal ini berarti Anda harus memberikan asupan kalsium dari sumber makanan lainnya. Pasalnya, kandungan phylates dalam susu kedelai yang dapat menghalangi penyerapan kalsium. Jadi, tambahkan yoghurt, keju, brokoli, atau sumber kalsium lainnya. Tambahkan juga sereal bervitamin sebagai asupan vitamin B12 yang biasanya hanya dapat ditemukan di dalam makanan berbasis hewani. 


Meski susu kedelai bermanfaat bagi anak, tetap waspadai berbagai efek samping konsumsi susu kedelai. Apalagi susu kedelai yang tidak memiliki kelengkapan nutrisi seperti vitamin, mineral, asam amino, dan asam lemak seperti susu formula biasa atau susu sapi. (PA)

Ditinjau oleh dr. Cynthia Utami, Sp.A

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Bayi ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan