Profile
Luka Bakar

Tentang Luka Bakar

Tentang Luka Bakar

Luka bakar adalah luka yang disebabkan oleh paparan panas yang sangat tinggi. Kejadian yang sangat menyebalkan ini kerap kali terjadi akibat beberapa faktor seperti terbakar api, terpercik minyak panas saat memasak, terkena setrikaan, radiasi, bahan kimia, terpapar sinar matahari ataupun sengatan listrik yang akhirnya menimbulkan cidera pada jaringan tubuh (kerusakan jaringan atau kehilangan jaringan). 
 
Jenis luka bakar dapat beraneka ragam dan tentu akan memiliki penanganan yang berbeda-beda tergantung jenis jaringan yang mengalami paparan panas, tingkat keparahan, dan komplikasi yang diakibatkan oleh luka tersebut. Luka yang terjadi dapat merusak jaringan otot, tulang, pembuluh darah, dan jaringan epidermal yang mengakibatkan kerusakan pada tempat lebih dalam dari akhir sistem persarafan. Tak jarang kejadian ini kerap kali menimbulkan bekas luka yang bagi sebagian orang akan menimbulkan perasaan malu dan jijik.
 
Umumnya luka bakar memiliki koagulasi, yakni bagian tengah yang mengalami luka yang terlihat lebih parah. Zona inilah yang membutuhkan pengobatan, karena bila luka tersebut dibiarkan, maka bagian di sekitar zona koagulasi (zona statis) akan menghitam dan bila luka tersebut dibiarkan lebih lama lagi, jaringan di zona paling tepi dari luka juga akan rusak. Usahakanlah agar luka bakar pada bagian sentral di zona koagulasi tidak menjadi lebar.
 
Luka bakar tak selamanya sulit untuk diobati. Cara penanganannya berdasarkan tingkat keparahan.
 
Direview oleh dr. Margareta Amelia
Anda punya pertanyaan seputar Luka Bakar ?
Ask Doctor
Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat