Profile
Kesehatan Bayi

Ternyata ASI Bisa Membantu Menyembuhkan Infeksi

Ternyata ASI Bisa Membantu Menyembuhkan Infeksi

Kita sudah tahu bahwa ASI adalah sumber nutrisi utama dan terbaik untuk bayi. Bayi ASI juga terbukti memiliki sistem kekebalan tubuh yang mumpuni. Sekarang, ada lagi alasan untuk memberi ASI pada bayi. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa air susu manusia dapat membantu memerangi infeksi dan menyembuhkan luka

ASI memiliki kekuatan super. Sebuah studi yang diterbitkan di  jurnal Mucosal Immunology mengungkapkan sebuah “kolam” bio-molekus yang terdapat di dalam air susu manusia dapat menyembuhkan infeksi, mengurangi rasa sakit, dan meredakan pembengkakan akibat radang.

Khasiat  Penyembuhan
Para peneliti di Brigham and Women's Hospital, cabang dari Harvard Medical School, menggunakan teknik khusus untuk mendeteksi  penyembuhan molekul di dalam air susu manusia. “Molekul-molekul ini mampu membantu memutus peradangan dan infeksi,” jelas Hildur Arnardottir, Ph.D. "Kami telah mengidentifikasi beberapa bio-molekul yang terdapat pada organ dan jaringan lain di tubuh manusia, namun ini pertama kalinya kami mendapati hampir semuanya berada di satu lokasi, ” tambah Amardottir. 

Ini berarti ASI lebih kompleks dan berkhasiat daripada yang pernah diketahui sebelumnya. Karena khasiat menyembuhkan yang dimiliki oleh ASI inilah maka menyusui adalah cara seorang ibu menyalurkan bio-molekul yang mampu  membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih matang pada anak-anak . Teristimewa karena khasiat menyembuhkan ini  tidak ditemukan pada susu sapi atau susu formula. 

Meski hal ini tidak berarti bayi yang disusui dengan ASI lebih sehat dibandingkan bayi yang minum susu formula, telah ada bukti bahwa menyusui punya korelasi dengan risiko peradangan yang lebih rendah pada bayi di masa awal kehidupannya, dan berpotensi untuk seterusnya, dibandingkan dengan anak-anak yang tidak disusui dengan ASI


Lebih Banyak Konsumsi  ASI
Bukti baru mengenai sifat kesehatan  dari air susu ibu membangkitkan pertanyaan kemungkinan air susu ibu digunakan untuk menyembuhkan penyakit (ringan) pada orang dewasa. Namun sepertinya ini masih harus melalui penelitian-penelitian lebih lanjut. 

Harus dipertimbangkan pula bahwa air susu ibu  mengandung faktor-faktor bioaktif, termasuk sel-sel dan antibodi. Sangatlah masuk akal bahwa air susu manusia dapat digunakan untuk kegunaan yang lebih luas lagi di masa depan.  Penelitian ini sangat perlu dipertimbangkan dan mendukung gagasan pentingnya ibu menyusui (dengan ASI) jika memungkinkan. " Temuan ini semakin mempertegas pentingnya ASI bagi bayi , " kata Arnardottir lagi. 

Memperbanyak ASI

Dengan segala kebaikan ASI, maka itu tidak ada alasan bagi ibu untuk tidak memberikan ASI pada si kecil. Namun, tidak semua ibu memiliki ASI yang banyak. Sebagian ibu mengeluh ASI yang keluar terlalu sedikit, sehingga bayi tetap kehausan.  Tapi ibu tidak perlu khawatir, karena ada banyak cara untuk memperbanyak  keluarnya ASI, di antaranya adalah dengan menyusui bayi sesering mungkin. 


Ibu juga bisa memompa ASI untuk memperbanyak ASI. Gunakan pompa setiap kali ibu selesai menyusui karena memompa bisa memberikan rangsangan pada payudara dan mengosongkan ASI yang tidak dihabiskan oleh bayi, sehingga payudara bisa cepat mengganti ASI yag keluar. Sekarang ini banyak jenis pompa ASI yang bisa ibu pilih sesuai kebutuhan. 

Selain itu, ibu juga  sebaiknya mengonsumsi banyak air putih untuk memperlancar produksi ASI. Penting juga diperhatikan, di masa menyusui, ibu disarankan untuk banyak istirahat dan jauhi stres, karena ketika tubuh ibu dalam keadaan rileks, produksi ASI pun akan meningkat. (LT)

 
Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P (Konselor ASI)

 

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Bayi ?
Ask Doctor
Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya