Profile
Leukemia

Tindakan Tidak Biasa untuk Leukemia

Tindakan Tidak Biasa untuk Leukemia

Transplantasi sel punca dilakukan untuk mengobati leukemia

Leukemia adalah penyakit kanker darah yang menyerang sumsum tulang belakang yang memproduksi sel-sel darah putih. Sel darah putih sendiri adalah sel yang melindungi tubuh dari benda asing atau penyakit. Dalam keadaan normal, sumsum tulang belakang menghasilkan sel-sel darah putih yang berkembang baik sehingga mampu mengatasi infeksi yang muncul.Sedangkan pada kondisi leukemia, sumsum tulang belakang memproduksi sel-sel darah yang abnormal sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik. Banyaknya jumlah sel darah putih yang dihasilkan mengakibatkan terjadi penumpukan pada sumsum tulang belakang yang berakibat berkurangnya sel-sel darah sehat. 

Leukemia menjadi penyakit yang menakutkan. Namun, kini ada kabar baik, leukemia bisa disembuhkan dengan transplantasi sel punca, seperti yang dilakukan oleh seorang wanita di Shanghai. Yang Yingjie, nama wanita berusia 26 tahun ini mengidap leukemia akut. Ia menerima transplantasi sel punca dari ayahnya di Rumah Sakit Umum Shanghai dalam sebuah operasi yang tidak biasa. 

Yang Yingjie menerima transplantasi, yang hanya cocok sebagian dengan dirinya, bersama unit darah tali pusat dengan kecocokan sempurna untuk menurunkan penolakan. Yang adalah pasien ke-2500 yang menerima transfusi darah tali pusat yang berasal dari Bank Darah Tali Pusat Shanghai di bawah China Stem Cell Group, satu-satunya bank darah tali pusat berijin di kota tersebut. 

Yang diketahui mengalami leukemia akut pada bulan Desember lalu. Ia menerima pengobatan di Rumah Sakit Umum Shanghai untuk menstabilkan kondisinya sebelum transplantasi. Namun, ia tidak dapat menemukan donor yang cocok di bank sel punca dan harus menggunakan sel ayahnya yang hanya cocok sebagian. “Kami menggunakan terapi transplantasi sel punca gabungan pada kasus ini. Hal ini merupakan terobosan baru dalam pengobatan leukemia dalam beberapa tahun terakhir,” ujar dr. Wang Chun dari Rumah Sakit Umum Shanghai . 

“Masing-masing unit darah tali pusat hanya 50 mililiter, dan itu tidak cukup untuk pasien dewasa,” ujar Wang. “Sementara transplantasi gabungan antara sel punca dengan kecocokan sebagian dari orang dewasa dan unit darah tali pusat yang cocok sempurna dapat menurunkan penolakan dan membantu keberhasilan transplantasi dari sel punca yang cocok sebagian.” 

Sel punca dari darah tali pusat lebih muda daripada sumsum tulang orang dewasa, sehingga mereka tidak terlalu ditolak oleh penerima. Wang mengatakan timnya telah menggunakan terapi ini untuk mengobati beberapa leukemia rumit, dengan hasil yang baik.

Untuk mendapatkan edukasi lebih lanjut mengenai bagaimana Sel Punca dari Darah Tali Pusat dapat berperan dalam terapi Leukemia, serta mendapatkan Voucher Diskon Penyimpanan Darah Tali Pusat, klik disini

 

Referensi: 

http://www.shanghaidaily.com/metro/health-and-science/Highly-unusual-leukemia-operation/shdaily.shtml

Anda punya pertanyaan seputar Leukemia ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya