Profile
Kanker Payudara

Tips Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini

Tips Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini

Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang terus menghantui kaum wanita. Penyakit mematikan nomor 2 di Indonesia ini terjadi karena tumbuhnya sel kanker pada jaringan payudara dan menyebar ke bagian di sekitar payudara hingga organ tubuh lainnya.

Kanker payudara tidak hanya menyerang wanita, laki-laki pun perlu mewaspadai kanker payudara. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang kurang mengetahui informasi mengenai bahaya kanker pada payudara sehingga mengakibatkan penyakit tersebut baru terdeteksi setelah mencapai stadium yang mengkhawatirkan.

Padahal, kanker pada payudara bisa dideteksi sejak dini, lho. Inilah cara mendeteksinya sejak dini:

  1. Buka pakaian Anda, termasuk bra. Berdiri di depan cermin, lalu luruskan kedua lengan Anda ke arah bawah.
  2. Setelah itu, mulailah amati payudara Anda dengan teliti apakah ada benjolan atau perubahan pada bentuk payudara.
  3. Angkat kedua lengan Anda hingga lurus ke arah atas dan ulangi pemeriksaan tersebut.

Selain melakukan pemeriksaan dengan cara tadi, Anda juga dapat melakukan cara mendeteksi penyakit tentang payudara dengan mengikuti langkah berikut ini:

  • Letakkan kedua siku mengarah ke samping seperti sedang berkacak pinggang, lalu condongkan badan ke depan sekuat mungkin hingga otot dada menegang, sehingga cekungan dan benjolan akan terlihat. Alhasil, perubahan payudara pun bisa terlihat.
  • Tekan puting payudara Anda secara pelan-pelan, lalu perhatikan apakah ada cairan yang tidak normal keluar dari puting payudara.
  • Taruh bantal kecil di bawah punggung kanan, lalu berbaring dengan posisi tangan kanan berada di bawah kepala. Setelah itu, raba seluruh permukaan payudara kanan dengan menggunakan tangan kiri hingga ketiak dan perhatikanlah apakah ada benjolan di payudara Anda. Lakukanlah hal yang sama untuk payudara sebelah kiri.

  • Raba payudara Anda dengan tiga ujung jari (kecuali jempol dan kelingking) yang dirapatkan. Lalu, gerakan tiga ujung jari tersebut secara memutar mengikuti arah jarum jam dengan lembut namun tetap berikan tekanan. Rasakan apakah ada benjolan atau perubahan bentuk payudara yang tak normal.
  • Perhatikanlah payudara atas Anda dekat ketiak karena bagian tersebut sering kali ditemukan tumor payudara.

Itulah cara sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri untuk mendeteksi kanker payudara. Jangan lupa, lakukan hal tersebut setiap satu bulan sekali sesudah menstruasi. Jika ada benjolan yang mencurigakan, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat! (PR)

Ditinjau oleh dr. Fransisca Alvionita

Anda punya pertanyaan seputar Kanker Payudara ?
Ask Doctor
Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat