Profile
Jerawat

Tips Menghilangkan Jerawat

Tips Menghilangkan Jerawat

Tips menghilangkan jerawat ini tepat bagi Anda yang mengalami situasi terjepit alias jerawat muncul pada saat tidak tepat. Pasalnya, cara mengempeskan jerawat ini menggunakan bahan alami atau obat yang pasti tersedia di rumah.

Jerawat adalah masalah yang dihadapi pria atau wanita. Penyebab jerawat adalah perubahan hormon, menjelang menstruasi, pemakaian produk kosmetik yang menutupi kulit wajah, atau wajah kotor yang terkena udara lembap sehingga menyebabkan kulit dipenuhi sel kulit mati. Jerawat juga dapat timbul karena pola kebiasaan makan yang tidak sehat dan jenis makanan yang dikonsumsi kurang mengandung vitamin A dan E. 

Anda mungkin tak sabar ingin memencet jerawat yang belum matang sebagai cara menghilangkan jerawat. Padahal, jalan pintas ini akan membuat area di sekitar wajah mengalami radang, meninggalkan bekas luka yang tidak akan hilang, serta menyebarkan bakteri ke pori-pori kulit lain. Pada akhirnya, hal ini akan menimbulkan infeksi jerawat baru.

Lalu, apa yang bisa Anda lakukan? Berikut tips menghilangkan jerawat secara cepat!

Aspirin

Kandungan anti peradangan di dalam aspirin dapat membantu menghilangkan jerawat. Anda cukup menghaluskan satu pil aspirin dan campurkan ke dalam sedikit air hingga mengental, lalu oleskan ke area wajah yang berjerawat. Setelah mengering dan mengelupas, bersihkan sisanya dari wajah Anda.

Pasta gigi

Pasta gigi mengandung silica yang dapat mengeringkan kelembapan secara seketika. Oleh karena itu, pasta gigi sanggup mengeringkan dan mengecilkan ukuran jerawat dalam semalam. Jadi, jika jerawat muncul tiba-tiba, segera oleskan pasta gigi pada area berjerawat sebelum tidur dan bilas di pagi hari. 

Madu dan kayumanis

Madu adalah antibiotik alami yang baik untuk mengatasi jerawat sekaligus mengecilkan jerawat. Madu juga memiliki kelengketan alami yang dapat mengikat sisa kotoran yang masih tersisa pada wajah.

Anda cukup membuat dengan dua sendok makan masker madu dengan satu sendok teh kayumanis bubuk. Diamkan selama 10 menit sebelum membilas wajah dengan air hangat.

Uap air panas

Sediakan sepanci atau sebaskom air yang dimasak hingga mendidih dan posisikan wajah Anda menghadap ke uap yang bermunculan untuk membuka pori-pori, menghaluskan dan melembapkan kulit, sekaligus menghilangkan jerawat.

Mentimun

Selain menghilangkan kantung mata, mentimun mengandung bahan anti peradangan yang bisa menghilangkan jerawat. Haluskan mentimun yang sudah diparut dengan campuran air perasan lemon dan oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 – 15 menit, lalu bilas hingga bersih. (PA)

Ditinjau oleh dr. Fransisca Alvionita

 
Anda punya pertanyaan seputar Jerawat ?
Ask Doctor
Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami