Profile
Kesehatan Bayi

Tips Menghindari Masuk Angin pada Bayi

Tips Menghindari Masuk Angin pada Bayi

Bulan-bulan ini, hujan kembali sering turun. Otomatis udara menjadi lebih dingin. Ini adalah tantangan tersendiri bagi para ibu yang memiliki bayi. Seperti kita ketahui bersama, udara dingin identik dengan sakit flu, tidak enak badan atau sering kita menyebutnya masuk angin.

 Bukan hanya orang dewasa, bayi pun tak terhindar dari risiko ini. Para ibu pasti berpikir keras, bagaimana agar Si Buah Hati tetap hangat dan sehat. Masih perlukah bayi dimandikan, terutama di malam hari sebelum tidur? Perlukah memijatnya dengan minyak hangat dan lain sebagainya. Para Ibu tak usah lagi bingung. Simak saja penjelasan dari Baby Center di bawah ini untuk menjaga bayi tetap sehat dan terhindar dari risiko penyakit yang kerap datang saat udara dingin.

Perlukah saya tetap memijat bayi saat suhu sedang dingin?

Jika ibu menjaga kamar tetap hangat, memijat bayi akan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat baginya.

Memijat bayi dapat meningkatkan sirkulasi darah, dipercaya bahwa dapat membantu membangun kekebalan tubuhnya. 

Apa minyak pijat yang baik untuk bayi saya?

Banyak ibu menggunakan jenis minyak yang berbeda sesuai cuaca. Misalnya minyak kelapa yang memberi efek mendinginkan dan minyak mustard untuk menghangatkan. Penelitian menunjukkan bahwa minyak mustard dapat merusak lapisan pelindung kulit sehingga kulit rentan terhadap kekeringan dan iritasi. Jika bayi  memiliki kulit yang sensitif atau kering, atau memiliki ruam, sebaiknya tidak menggunakan minyak mustard.

Ibu bisa memilih produk yang memang telah teruji dan terbukti aman untuk Si Kecil, seperti  Johnson’s Baby BedtimeTM 3-Step Routine dari Johnson’s Baby BedtimeTM.

Perlukah memandikan bayi setiap malam dan bagaimana cara menjaganya tetap hangat?

Mandi air hangat adalah cara yang sempurna untuk mengawati rutinitas sebelum tidur.

Sebelum mulai memandikan Si Kecil, pastikan suhu ruangan sudah hangat. Kemudian mempersiapkan semua yang ibu butuhkan untuk memandikan bayi.  Tak perlu berlama-lama memandikan bayi, terutama di malam hari atau saat udara dingin, cukup lima sampai 10 menit.

Gunakan air hangat yang terasa nyaman dan tidak panas di kulit ibu dan bayi. Jika ibu memiliki termometer mandi, suhu yang ideal adalah sekitar 38 derajat C. Suhu ini mendekati suhu tubuh manusia. Gunakan sabun cair khusus bayi seperti Johnson’s Baby BedtimeTM baby bubble bath and wash.

 Setelah itu basuh dengan air bersih hangat dan keringkan bayi dengan handuk lembut. Usai mandi, tuang  sedikit Johnson’s Baby BedtimeTM baby lotion ke telapak tangan ibu lalu pijatlah bayi dengan lembut.

Produk Johnson’s Baby BedtimeTM Routine mengandung aroma yang menenangkan dan telah teruji secara klinis membantu bayi lebih mudah tidur. Johnson’s Baby BedtimeTM Routine tidak pedih di mata dan sangat lembut untuk kulit bayi. Si Kecil pun bisa tidur nyenyak dan bebas masuk angin.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Bayi ?
Ask Doctor
Posisi seks konon dapat meningkatkan peluang hamil, padahal ada cara lebih efektif yang bisa Anda lakukan Benarkah Posisi Seks Tingkatkan Peluang Hamil? Sperma atau air mani adalah sel reproduksi pada pria yang diproduksi oleh testis.Lalu bagaimana cara memperbanyak sperma yang benar menurut dokter. 6 Cara Memperbanyak Sperma