Profile
Luka Bakar

Tips Merawat Kulit Terbakar di Rumah

 Tips Merawat Kulit Terbakar di Rumah

Seiring dengan pemanasan global yang terjadi belakangan ini , dan membuat matahari bersinar dengan sangat terik. Kondisi ini bisa membuat kulit Anda terbakar. Namun, apakah Anda harus berada di dalam rumah terus untuk menghindari paparan sinar matahari yang dapat membakar kulit Anda? Tentu tidak bukan, pasalnya Anda harus tetap bekerja dan melakukan beberapa aktivitas di luar rumah. Namun, bagaimana jika kulit Anda terbakar akibat terkena sinar matahari secara langsung? Nah, beberapa tips berikut bisa Anda lakukan untuk merawat kulit terbakar karena sinar matahari.

Air Dingin

Kulit yang terbakar  akibat terkena sinar matahari pada dasarnya adalah suatu reaksi inflamasi ( reaksi radang ) yang terjadi pada kulit dan salah satu cara paling mudah untuk mengobatinya adalah dengan mendinginkan bagian yang terjadi peradangan. Anda bisa mengompresnya dengan air dingin, atau Anda bisa langsung melompat ke dalam kolam renang untuk mendinginkannya. Namun, Anda perlu berhati-hati jika kolam renang tersebut mengandung zat klorinasi, karena klorinasi akan membuat kulit yang terbakar semakin iritasi.

Baking Soda dan Oatmeal

Baking Soda dan oatmeal adalah salah satu bahan yang dapat membuat  kulit  Anda yang terbakar semakin membaik. Caranya adalah dengan menuangkan satu sendok makan baking soda kedalam bak mandi atau bathtube yang penuh air, lalu rendamlah tubuh  Anda sekitar 10 menit untuk membantu meminimalkan kerusakan kulit akibat sinar matahari. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan oatmeal saat mandi yang berfungsi untuk mempertahankan kelembaban kulit dan mengurangi iritasi. Namun, jangan gosok kulit dengan handuk saat selesai mandi. Usaplah secara perlahan, untuk menghindari gesekan yang terlalu keras pada kulit yang iritasi.

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah mengobati kulit terbakar akibat terkena sinar matahari. Caranya adalah dengan mengambil bagian dalam lidah buaya dan langsung dioleskan pada bagian kulit yang iritasi.

Chamomile

Teh chamomile berfungsi untuk membuat tenang dan rileks orang yang meminumnya. Tidak hanya itu saja, chamomile juga dapat mengobati kulit yang iritasi akibat terbakar sinar matahari. Caranya adalah dengan menyeduh teh chamomile, setelah dingin rendam kain hingga menyerap air teh, lalu tempelkan kain tersebut  pada bagian kulit yang iritasi. Namun, jika Anda alergi terhadap serbuk sari kemungkinan Anda tidak bisa menggunakan cara ini, karena bisa saja memicu alergi Anda.

Gunakan Pakaian Longgar

Menggunakan pakaian longgar dapat mengurangi gesekan antara kulit dan pakaian yang bisa membuat iritasi semakin buruk. Kulit merupakan bagian terluas dari tubuh Anda, oleh karena itu berikan beberapa ruang untuk kulit supaya dapat bernafas dari pakaian yan terlalu ketat. Bahan pakaian seperti katun dapat digunakan saat Anda keluar dari rumah, karena selain dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung, pakaian bernbahan katun dapat menyerap keringat.

Konsumsi Lebih Banyak Air Putih

Mengonsumsi air putih lebih banyak dari biasanya akan membantu menjaga kelembaban kulit. Jika kulit telah berjuang melawan sinar matahari yang berakibat kulit menjadi terbakar, maka Anda pun perlu melindungi kulit dari dalam dengan mengkonsumsi air putih yang cukup untuk menjaga kelembaban kulit tersebut.

Gunakan Pelembab

Dengan beberapa pengobatan yang telah dibahas sebelumnya, Anda tetap perlu menggunakan pelembab. Hal ini untuk menghindari kulit mengelupas. Anda bisa mengoleskan pelembab (body lotion) secara teratur dan hindari pelembab yang mengandung pewarna atau aroma yang justru dapat membuat kulit semakin iritasi.

 
Anda punya pertanyaan seputar Luka Bakar ?
Ask Doctor
Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil