Profile
Kesehatan Bayi

Tumbuh Kembang Bayi Usia 2 Bulan

Tumbuh Kembang Bayi Usia 2 Bulan

Apa yang perlu diperhatikan pada tumbuh kembang bayi usia 2 bulan ? Perkembangan dan pertumbuhan bayi menyimpan banyak keajaiban, dimulai dari usia awalnya setelah lahir. Memasuki usia 2 bulan, berikut kemajuan yang dialami si kecil.
 
Minggu ke-5:
1. Si kecil sudah lebih memahami bentuk benda yang lebih kompleks dan warna yang lebih beragam. Saat yang tepat bagi ayah dan ibu memberikan mainan berupa boneka hewan dan mainan lain yang sejenis. 
2. Rangsang pendengaran si kecil dengan mengajak si kecil berbicara karena si kecil telah mulai mengenali gerak bibir orang yang berbicara padanya.
 
Minggu ke-6:
1. Air liur si kecil mulai sering keluar dan si kecil mulai tertarik memasukkan benda apapun ke dalam mulut. Jangan khawatir karena air liur bayi mempunyai mekanisme perlindungan terhadap kuman yang baik, namun tetap awasi apa yang si kecil masukkan ke dalam mulutnya.
2. Tidur si kecil kini lebih panjang, selama lima hingga enam jam.
3. Gerakan si kecil kini juga telah mulai mengalami kemajuan, si kecil mulai mampu menggerakkan kaki dan tangannya. Otot lehernya pun semakin kuat.
 
Minggu ke-7:
1. Latih si kecil untuk memiliki kebiasaan tidur yang baik memasuki minggu ketujuh.
2. Berikan ruang gerak yang banyak dengan tidak membedong si kecil untuk memaksimalkan gerakan tangan dan kakinya. 

3. Si kecil kini pun mulai mampu bersosialisasi dengan orang di sekitarnya. Tangan mungilnya mulai dapat direntangkan dan si kecil mulai merespon dengan senyum. Mulailah panggil namanya dalam frekuensi yang lebih sering.

Perkembangan bayi usia 2 bulan pada minggu ke 8 dapat disimak pada halaman selanjutnya.


Minggu ke-8:

1. Dengan otot dan leher yang semakin kuat, si kecil mampu menopang tubuhnya selama beberapa menit ketika ditegakkan. 
2. Saat ditelungkupkan, si kecil mampu mengangkat kepala dan dada hingga 45 derajat. 
3. Kemampuan berbahasa si kecil perlu dilatih sejak usia 2 bulan. Bacakan si kecil buku, koran, berita di televisi, atau apapun untuk melatih si kecil. Gunakan berbagai jenis suara yang berbeda-beda untuk melatih pengenalan bunyi dan nadanya.
 
Untuk mengetahui tindak-tanduk si kecil pada usia 3 bulan, klik di sini
Klik di sini jika Anda ingin mengetahui perkembangan bayi usia 1 bulan. 
 
 
Direview oleh dr. Margareta Amelia
Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Bayi ?
Ask Doctor
Posisi seks konon dapat meningkatkan peluang hamil, padahal ada cara lebih efektif yang bisa Anda lakukan Benarkah Posisi Seks Tingkatkan Peluang Hamil? Kanker payudara merupakan penyakit yang mematikan, kurangi risikonya dengan pola hidup sederhana Cara Sederhana Mengurangi Risiko Kanker Payudara