Profile
Strep Throat

Usir Batuk di Malam Hari

Usir Batuk di Malam Hari

Pernahkah Anda mendadak mengalami batuk di malam hari, padahal di siang hari, Anda merasa baik-baik saja? Atau batuk dan tenggorokan gatal yang Anda rasakan, seakan makin intens di malam hari? Tak hanya Anda, banyak orang yang mengalami hal yang sama. Meski hal sering dikira sebagai kepercayaan dan sugesti belaka, namun pada dasarnya terdapat penjelasan medis mengenai kondisi batuk yang semakin intens di malam hari. 

Batuk merupakan salah satu gejala dari adanya penyakit flu dan sebenarnya dapat segera pulih dengan banyak meminum air putih, mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, dan obat jenis decongestant atau penghilang hidung tersumbat, yang diikuti dengan banyak beristirahat. Saat batuk terjadi karena flu, tubuh Anda mengalami infeksi sehingga dibutuhkan lebih banyak istirahat dari biasanya. Meski demikian, dengan batuk yang semakin intens di malam hari, istirahat menjadi semakin sulit dilakukan. 

Beberapa alasan terjadinya batuk yang semakin menjadi-jadi di malam hari antara lain:

1.Adanya daya tarik bumi saat tubuh terbaring telentang membuat reflux gastroesophageal menanjak naik karena adanya kubangan lendir yang tercipta dengan posisi berbaring dan memicu timbulnya batuk. Untuk mengatasinya, ganjal kepala dengan bantal untuk menambah tinggi tubuh yang terbaring sehingga lendir tidak terkumpul di belakang tenggorokan.

2.Lingkungan yang kering di dalam ruangan, yang dapat makin membuat hidung dan tenggorokan yang iritasi semakin terganggu dan menimbulkan batuk. 

3.Adanya proses kesembuhan yang sedang terjadi, di mana batuk membantu membersihkan tenggorokan dan saluran pernapasan. Batuk yang terus-menerus terjadi akan membantu mencairkan lendir dan membantu tubuh untuk mempercepat kesembuhan.

Meski terbukti batuk dan tenggorokan gatal di malam hari adalah proses tubuh memasuki fase kesembuhan, tetap saja istirahat Anda akan terganggu jika batuk terus menyerang. Untuk mengatasinya, cobalah tips berikut ini.

1.Minumlah banyak air putih selama Anda terjaga. Air dapat membantu menipiskan lendir dalam tenggorokan dan membuatnya mudah dibatukkan hingga tuntas.
2.Minum teh herbal dengan madu. Teh herbal merupakan jenis teh tanpa kafein yang dapat menghangatkan tubuh dan membantu membersihkan tenggorokan dari gumpalan lendir penyebab batuk di malam hari. Tambahkan juga tetesan madu untuk tambahan nutrisi penyembuh.
3.Bersihkan tempat tidur dari debu-debu dan hewan kecil pemicu alergi. Setiap minggu, cuci bantal Anda dengan air panas untuk membunuh kutu busuk. Simpan bantal dalam plastik saat tidak sedang digunakan. 
4.Sebelum tidur, jangan lupa untuk mengonsumsi tablet hisap pelega tenggorokan seperti Strepsils agar tenggorokan terasa lega dan menahan dorongan untuk batuk. Atau, ketika batuk dan tenggorokan gatal menyerang, segera konsumsi Strepsil, tablet hisap pelega tenggorokan yang tepercaya. 

Di dalam Strepsils, terdapat dua zat aktif dengan manfaat sebagai berikut:
1.Amlymetacresol 0.6 mg, bahan antiseptik yang bermanfaat menyembuhkan infeksi ringan pada mulut dan tenggorokan.
2.Dibenal 1.2 mg, antiseptik yang sanggup membunuh bakteri dan virus penyebab infeksi tenggorokan. 

Strepsils bekerja aktif dengan cara kerja sebagai berikut: Ketika tablet dihisap, air liur akan terstimulasi dan membawa kedua zat aktif  tersebut untuk melapisi tenggorokan dan membunuh patogen gangguan tenggorokan.  Hanya dalam waktu 5 menit, efeknya bisa langsung Anda rasakan. Efek ini lebih cepat Anda dapatkan dibandingkan produk lain. 

Hanya dengan beberapa kali hisapan, air liur dalam mulut akan menghantarkan zat aktif dalam satu tablet Strepsils dan menghasilkan zat pelapis tenggorokan yang akan bertahan selama dua jam melindungi tenggorokan dari rasa tidak nyaman penyebab batuk.

Yuk, sediakan selalu Strepsils di dekat Anda untuk jaga-jaga batuk dan tenggorokan gatal menyerang di malam hari.  Tersedia banyak varian Strepsils, yaitu Strepsils Original dengan rasa peppermint. Strepsils soothing dengan rasa madu dan lemon. Strepsils Cool dengan sensasi dinginya. Strepsils vitamin C dengan kandungan 1000 mg vitamin C. Strepsils Sugar Free dengan rasa lemon yang cocok untuk penderita diabetes. Dan Strepsils Children dengan rasa strawberry dan aman untuk anak. 

Jika batuk berlangsung hingga seminggu atau lebih, segera periksakan diri ke dokter, karena hal ini dapat menandakan adanya kondisi kesehatan yang lebih serius seperti bronkitis, sinusitis kronis, refluks lambung, asma hingga pneumonia.

Mau tahu lebih detail jenis sakit tenggorokan yang Anda alami dan menemukan solusinya? Unduh saja aplikasi mobile “How’s Your Throat Today?” yang dapat Anda unduh di smartphone Android atau Ios. Melalui aplikasi ini, Anda dapat  mengecek kondisi tenggorokan saat ini dengan mudah, cepat dan bebas biaya. 

Caranya?  Tes suara Anda. Atau mengirimkan foto tenggorokan untuk didiagnosa sementara. Sehingga Anda jadi tahu apakah tenggorokan Anda hari ini berda dalam kondisi fit atau kurang, sehigga Anda bisa mencegah kondisi tenggorokan semakin parah.  Anda juga dapat menggunakan fitur “Ask The Expert,” mengetahui mitos dan fakta tentang sakit tenggorokan dan mengecek kondisi cuaca. 

Yuk, segera unduh aplikasi di App Store (http://apple.co/1AmKDXQ) dan Google Playstore (http://bit.ly/1SguDMN) gratis, dengan nama “STREPSILS HOW’S YOUR THROAT TODAY?” sekarang dan jaga kesehatan tenggorokan Anda untuk kelancaran aktivitas sehari-hari dan kenyamanan tidur Anda di malam hari. 

Anda punya pertanyaan seputar Strep Throat ?
Ask Doctor
Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu