Profile
Kanker Payudara

Ada benjolan di payudara kanan atas

Ada benjolan di payudara kanan atas

Apakah ini berbahaya dok? Kalau diraba dapat bergerak tidak sakit

Answers

1 answers

  • Selamat sore.

    Benjolan pada payudara dapat disebabkan oleh beberapa penyebab, seperti:
    - Fibroadenoma mammae (FAM), yaitu benjolan berbentuk bulat, padat, kenyal, dapat bergerak bila ditekan, dan umumnya tidak nyeri.
    - Kista, yaitu benjolan berupa kantong berisi cairan yang terdapat pada payudara, bila ukurannya besar dapat menimbulkan rasa nyeri. - Perubahan fibrosistik, yaitu benjolan yang timbul akibat perubahan hormonal, dapat membesar/mengeras sebelum menstruasi dan umumnya terasa nyeri. 
    - Lemak nekrosis traumatik, yaitu benjolan yang muncul akibat benturan pada payudara, berbentuk bulat, padat, kencang, namun tidak nyeri. 
    - Kanker payudara, yaitu benjolan teraba keras, tidak bergeser bila ditekan, dan umumnya tidak nyeri. Pada kasus yang lanjut dapat timbul gejala yang lain seperti puting susu tertarik ke dalam, perubahan bentuk payudara, terbentuk luka yang mengeluarkan nanah serta darah, dan sebagainya. 

    Terkadang adanya benjolan pada payudara dipengaruhi oleh siklus menstruasi, karena kelenjar di payudara yang menjadi lebih besar saat menstruasi. Anda dapat meraba payudara setelah selesai masa menstruasi apakah masih terdapat benjolan atau tidak. Apabila masih terdapat benjolan, sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter spesialis bedah untuk mengetahui penyebab pasti dari benjolan pada payudara anda.

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Kanker Payudara ?
Ask Doctor
Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat