Profile
Alergi

Alergi

Alergi

Selamat siang dok.. Dok, anak saya umur 1 bulan, dimuka dan sekitar mata merah2 dan gatal, penyebabnya kenapa ya dok..? Ada yg bilang alergi dingin, karna memang tempat tinggal saya dijakarta dan udara nya panas, dan saya baru 2 minggu digarut, dan udaranya dingin.. Gmna cara mengatasi nya ya dok, soalnya kadang2 semaleman dia gak tdur karna gatal..

Answers

1 answers

  • Selamat siang

    Ruam kemerahan pada pipi bayi dapat disebabkan karena banyak hal, beberapa tidak berbahaya, namun dapat juga merupakan pertanda dari suatu penyakit yang lebih serius. Beberapa penyebab ruam pada pipi bayi antara lain:

    Neonatal acne. Neonatal acne muncul pada 20% bayi, diduga terjadi karena adanya pengaruh hormon dari ibu saat hamil dan menyusui. Neonatal acne ini rata-rata terjadi pada bayi usia 3 minggu, paling sering muncul di pipi dan kadang di kulit kepala. Pada sebagian besar kasus, neonatal acne adalah kondisi yang ringan dan dapat diobati dengan membersihkan wajah setiap hari dengan sabun yang lembut dan air serta menghindari penggunaan baby oil dan lotion yang berbasis minyak. Neonatal acne akan hilang sendiri dalam 4 bulan tanpa menimbulkan bekas luka. Kondisi ini juga tidak meningkatkan risiko munculnya jerawat di usia remaja nanti. Pada kondisi yang berat hingga mengganggu bayi, dapat diberikan krim hidrokortison 1% sekali sehari, maksimal 7 hari. Neonatal acne yang muncul setelah 3 bulan atau disebut infantile acne biasanya lebih berat daripada neonatal acne dan membutuhkan terapi khusus.
    Ruam air liur. Bayi sering sekali mengalami ngiler. Air liur yang sering menempel pada pipi, dagu, dan leher bayi yang tidak dibersihkan dengan baik dapat menimbulkan iritasi dan kemerahan pada kulit. Ruam air liur biasanya terlihat rata dan sedikit menonjol, kadang terlihat berbintik-bintik. Ruam ini dapat diatasi dengan selalu mengeringkan air liur yang keluar dari mulut bayi, menggunakan bib air liur untuk mencegah basah pada baju dan leher, serta mencuci bagian kulit yang mengalami ruam dengan menggunakan air bersih 2x sehari.
    Miliaria. Miliaria sering ditemukan pada bayi yang tinggal di negara dengan iklim hangat. Miliaria dapat terlihat sebagai bintik-bintik yang berisi air di dalamnya, bintik-bintik berwarna kemerahan, bintik-bintik kemerahan dengan warna keputihan di atasnya, bintik-bintik sewarna kulit. Miliaria muncul pada minggu pertama setelah lahir, terutama muncul di wajah, kulit kepala, dan area-area lipatan. Tidak diperlukan terapi khusus untuk kondisi ini, biasanya akan hilang sendiri dengan menempatkan bayi pada suhu yang lebih sejuk untuk mengurangi keringat, serta memberikan pakaian yang tidak terlalu rapat.
    Eczema. Eczema adalah kemerahan pada kulit yang terasa gatal, sering terlihat pada bagian dada, lengan, kaki, wajah, siku, dan belakang lutut. Eczema disebabkan oleh kondisi kulit yang kering dan sensitif, kadang juga alergi. Pada bayi di bawah 6 bulan, kadang eczema disebabkan karena alergi terhadap susu dan telur. Eczema dapat diatasi dengan menggunakan sabun bayi yang sangat lembut, menggunakan deterjen yang lembut, hipoalergenik, dan tidak menggunakan pelembut pakaian pada pakaian bayi, menggunakan pelembab kulit khusus bayi, dan pada kondisi yang berat hingga mengganggu bayi, dapat diberikan krim hidrokortison 1% sekali sehari, maksimal 7 hari.
    Urtikaria. Urtikaria adalah ruam merah menonjol pada kulit, biasanya disebabkan karena alergi terhadap suatu protein dalam makanan atau minuman. Urtikaria biasanya berlangsung singkat, dan dapat dikurangi gejalanya dengan pemberian obat anti alergi.
    Cradle cap. Cradle cap adalah ruam berwarna kekuningan, berminyak, dan bersisik yang biasanya muncul pada kulit kepala bayi. Namun cradle cap juga kadang dapat ditemukan di wajah, telinga, dan leher. Cradle cap tidak menimbulkan gejala gatal pada bayi. Cradle cap adalah kondisi yang sering muncul 2 hingga 3 bulan setelah lahir dan dapat hilang sendiri dalam beberapa minggu hingga beberapa bulan. Mencuci rambut dan kulit kepala dengan shampo bayi dapat mencegah munculnya ruam baru.
    Impetigo. Impetigo adalah infeksi bakteri pada kulit yang biasanya menimbulkan luka dan bintik bernanah pada kulit.
    Fifth disease atau slap cheek fever. Slap cheek fever adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit ini sering terjadi pada usia anak-anak dibandingkan bayi dan balita, dimulai dengan munculnya gejala demam ringan, diikuti dengan munculnya ruam merah menonjol pada pipi 7-10 hari kemudian. Ruam ini dapat menyebar ke badan serta
    Meningitis. Kadang, meningitis dapat memberikan gejala ruam kemerahan pada wajah bayi. Berikut ini adalah gejala yang mengarahkan kecurigaan pada meningitis:
    Bayi menjadi lemah lunglai dan tidak responsif atau menjadi kaku dan membuat gerakan seperti kejang
    Menjadi sangat rewel dan tidak mau digendong
    Menangis sulit ditenangkan
    Muntah dan tidak mau makan atau minum
    Kulit pucat dan berbintik
    Tidur terus menerus dan sulit dibangunkan
    Demam tinggi
    Penonjolan pada ubun-ubun

    Sebagian besar ruam pada bayi adalah kondisi yang ringan dan tidak berbahaya, bahkan seringkali tidak memerlukan terapi khusus untuk mengatasinya dan akan hilang sendiri. Alergi terhadap susu sapi memang dapat menyebabkan ruam pada kulit. Namun biasanya bayi yang alergi terhadap susu sapi dapat menunjukkan gejala lain selain ruam di pipi saja. Ruam alergi juga dapat terjadi di seluruh tubuh, dan dapat pula ditemukan gejala lainnya seperti gangguan pencernaan, muntah, mencret, kemerahan pada sekitar lubang anus, bengkak pada mata, bengkak di sekitar mulut, gangguan pernafasan, dan lain sebagainya. Konsultasikan pada dokter anda mengenai kekhawatiran anda akan terjadinya alergi susu sapi pada bayi anda. Dokter anda akan melakukan pemeriksaan yang diperlukan untuk mengkonfirmasi hal ini misalnya dengan melakukan tes cukit kulit

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Alergi ?
Ask Doctor
Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan