Profile
Alergi

Alergi

Alergi

Dok, anak saya umur 9th.. Kmren badanny gatal gatal, merah seluruh bdan, udah sy bw k doktr katany alergi. Sudah d ksih obat.. Mlm sudah mulai kempes. Tp pg timbul lg.. Dan skrng malah panas dn pilek.. Apa obat alerginy d teruskn ato gmna ya dok.. Skrng saya kasih obat turun panas aja..

Answers

1 answers

  • Selamat sore

    Gatal-gatal dan kemerahan pada tubuh dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan penyebab, diantaranya seperti :

    - measles / campak
    - rubella/campak German
    - alergi terhadap suatu zat allergen

    Campak dan Rubella merupakan infeksi virus yang sama-sama didahului oleh demam kemudian menimbulkan kemerahan atau ruam pada badan. Campak kemerahan biasanya muncul mulai dari bekakang telinga, kepala leher baru ke badan. Rubella juga mirip dengan campak tetapi sering gejala lebih ringan, ruam kemerahan muncul pada wajah kemudian ke seluruh tubuh. Sedangkan alergi mrupakan suatu reaksi tubuh yang berlebihan terhadap suatu zat atau allergen seperti debu, atau alergi udara dingin, atau bulu binatang, atau lainnya. Alergi biasanya tidak didahului oleh demam.

    Untuk menentukan penyebab pasti, tentu harus dilakukan pemeriksaan ke dokter untuk dilihat jenis ruamnya dan dilakukan pemeriksaan langsung juga pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah.

    Beberapa anjuran yang dapat Anda lakukan di rumah:

    -sedia alat pengukur suhu tubuh (termometer)
    - sedia paracetamol atau obat penurun panas, jika suhu diatas 37.5 derajat celcius segera berikan obat penurun panas
    - minum banyak air putih
    -tingkatkan daya tahan tubuh dengan makan bergizi, perbanyak sayur dan buah
    - cukup istirahat
    - berikan bedak gatal
    - jika tidak berkurang segera ke dokter untuk menentukan penyebab pasti dan mendapat obat yang dosisnya sesuai

    Sekian semoga bermanfaat

Anda punya pertanyaan seputar Alergi ?
Ask Doctor
Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur