Profile
Alergi

Alergi antibiotik

Alergi antibiotik

Saya tadi bawa adik saya berobat kebidan. Keluahan adik saya batu pilek sudah 2 hari . terus tadi dikasih amoxilin dan paracetamol. Sekarang timbul ruam diwajah dan ada bentol2 sejak makan amoxilin. Paracetamol tidak saya berikan karena tidak demam lagi. Apakah ini adiksaya alergi obat.

Answers

1 answers

  • Selamat siang. Bisa saja adik anda sekarang mengalami alergi antibiotik. Reaksi alergi obat umumnya muncul secara bertahap seiring sistem kekebalan tubuh yang membangun antibodi untuk melawan obat tersebut. Reaksi ini mungkin tidak muncul secara langsung saat pertama kali menggunakan obat.

    Berikut ini adalah beberapa gejala umum dari alergi obat yang perlu Anda cermati.

    Ruam atau bentol-bentol pada kulit.
    Gatal-gatal.
    Hidung beringus.
    Batuk-batuk.
    Demam.
    Sesak napas atau napas pendek.
    Mata terasa gatal atau berair.
    Pembengkakan.
    Meski demikian, reaksi alergi yang parah juga dapat memicu anafilaksis, yaitu reaksi alergi yang menyebabkan kegagalan fungsi sistem tubuh secara luas.
    Diasarankan anda secepatnya memeriksakan adik anda kedokter untuk tatalaksana selanjutnya.

    Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat bagi anda

Anda punya pertanyaan seputar Alergi ?
Ask Doctor
Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur