Profile
Alergi

Alergi pada bayi

Alergi pada bayi

dok anak saya skrg berumur 3 bln tpi kulitnya sensitif skli dri umur 2 bulan pipinya sama lipatan siku merah2 dan susah sembuh.. anak sya menyusui dan minum susu lactogen, apa mungkin anak sya alergi dgn susu lactogen?

Answers

1 answers

  • Selamat pagi

    Ruam atau bercak merah pada kulit bayi adalah hal yang wajar karena kulit bayi sensitif dan sedang beradaptasi dengan lingkungan. Apabila jumlahnya sedikit maka hal ini tidak perlu dikhawatirkan, tetapi apabila jumlahnya banyak terlebih lagi sudah hampir ke seluruh tubuh maka harus dilakukan penanganan.
    Beberapa jenis penyakit yang mungkin terjadi yaitu:
    - Dermatitis atopi atau eksim yaitu ruam yang dimulai pada lipatan-lipatan siku, paha, pipi, lalu kadang menyebar ke badan. Biasanya disertai rasa gatal. Hal ini terjadi karena kulit bayi sensitif terlebih lagi ada riwayat atopik pada keluarga misalnya orang tuanya ada yang mengalami asma, bersin2 pagi hari, atau mengalami gatal. Untuk mengatasi eksim, hindarkan bayi Anda dari suhu ekstrem dan segala sesuatu yang dapat mengganggu kondisi kulit. Mandikan bayi Anda sebanyak dua atau tiga hari sekali dan keringkan kulitnya dengan ditepuk-tepuk secara lembut. Oleskan salep atau krim yang dianjurkan oleh dokter dan jangan gunakan pewangi atau pelembut pakaian ketika mencuci.
    - Urtikaria atau biduran adalah ruwam yang khas biasanya berupa bentol-bentol seperti digigit nyamuk dan disertai gatal. Hal ini terjadi sebagai reaksi alergi terhadap makanan, obat tertentu, sengatan serangga atau karena perubahan cuaca panas dingin yang ekstrem. Apabila disertai kelopak mata yang bengkak dan sesak nafas maka harus diwaspadai ini merupakan reaksi alergi yang serius disebut reaksi anafilaksis yang harus mendapat penanganan segera.
    - penyakit tangan, kaki, mulut yaitu ruam yang timbul di tangan dan kaki, sebelumnya didahului oleh infeksi saluran nafas seperti pilek, batuk, sakit tenggorokan, disertai pula demam dan timbulnya sariawan di mulut. Penyakit ini bersifat self limiting artinya dapat sembuh sendiri yang disebabkan oleh virus, tetapi anda tetap harus konsultasi ke dokter untuk penanganan gejala/ terapi simtomatis.
    - Impetigo adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri. Impetigo dimulai dengan kemunculan ruam dan lepuh yang pecah, meninggalkan kerak tebal berwarna kuning kecokelatan dan menciptakan luka atau lecet yang berwarna merah. Impetigo cenderung muncul di sekitar hidung dan mulut dengan disertai rasa gatal.
    - Miliaria timbul disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh keratin, yaitu semacam protein yang diproduksi oleh kulit. Biasanya terlihat seperti biang keringat pada bayi yang bisa muncul saat cuaca panas atau lembap. Membersihkan kulit bayi dengan sabun bayi secara lembut dan hindari pakaian bayi yang tebal serta sebaiknya bayi ditempatkan di tempat sejuk.
    - alergi susu sapi

    Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter anak untuk mengetahui bagaimana kondisi anak anda sebenarnya.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Alergi ?
Ask Doctor
Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan