Profile
Kesehatan Bayi

Anak cacingan

Anak cacingan

Assalamualaikum dokter, saya punya ade, bru 11bln, tp berat badannya kurang padahal dia mau makan, buah jg dia suka, tp dia ngga mau susu formula, cuman ASI sm air putih aja, anaknya jg ngga bisa diem, aktif bngt.. Yg mau saya tanya apa seperti itu bisa dibilang kurang gizi, atau cacingan ?

Answers

1 answers

  • Selamat malam

    Apakah ibu mengetahui berapa tepatnya berat badan dan tinggi/panjang badan anak anda dan berapakah usianya?

    Untuk memperkirakan apakah pertambahan berat badan dan tinggi badan kategori normal dapat dilakukan dengan cara sederhana menggunakan kms atau grafik dari who. Apabila masih berada di area hijau atau persentil normal maka anda tidak perlu khawatir mengenai berat badan anak anda. Selain itu dapat juga diukur menggunakan indeks massa tubuh (bmi) dengan cara berat badan dibagi tinggi badan dalam satuan meter yang dikuadratkan. Apabila masih dalam rentang 18,6-24,9 maka itu masih normal. Atau juga bisa diperkirakan secara umum rata-rata berat badan ideal menurut usia. Untuk anak usia 1-6 tahun bbi dicari dengan cara: usia (dalam tahun) dikalikan 2 kemudian + 8. Itulah perkiraan bbi. Anda bisa mencoba berbagai macam cara tersebut untuk menentukan apakah anak anda bb nya kurang atau tidak.

    Bila masih dalam range normal maka tidak perlu khawatir, anak bisa tampak lebih kurus karena dia semakin tinggi dan aktif beraktivitas sehingga makanan yang dimakan dimetabolisme jadi energi untuk aktivitas tersebut. Ibu harus khawatir bila anak memiliki bb kurang atau obesitas. Bila bb kurang maka disarankan memberikan makanan tambahan, susu, dll. Begitu pula saat obesitas maka asupan makanan yang mengandung terlalu banyak gula dikurangi. Tentunya ini biasanya dilakukan dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Jadi sebaiknya konsultasilah ke dokter untuk menentukan dahulu apakah anak termasuk kategori bb normal, kurang atau berlebih. Jika memang kurang, akan dievaluasi lagi kemungkinan penyebabnya, apakah memang karena kurang asupan makanan, anak beraktivitas fisik terlalu aktif, ataukah ada penyakit medis yang mendasari misal kecacingan atau penyakit lainnya.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Bayi ?
Ask Doctor
Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan