Profile
Kesehatan Anak

anak lemas dan tidur terus setelelah demam

anak lemas dan tidur terus setelelah demam
Palangka Raya

selamat malam dok, anak saya perempuan usia 4 tahun kemaren hari rabu demam 38,8, saya kasih sanmol setiap 4 jam 5 ml, demam turun 37,7 sebentar lalu naik lagi 38,6 begitu terus akhirnya hari kamis malam saya kasih sanmol 5 ml dan dionicol 5ml, demam turun 36,6 dan sudah tidak demam lagi, tapi kenapa ya dok semenjak demam sampai sekarang anak saya susah makan, lemas dan maunya tidur terus? sehari makan cuma sekali itupun sedikit dan ga mau nyemil, minum susu dot juga cuma berapa botol ga banyak kayak biasanya, tapi kuat minum air putih, apa itu normal aja dok karena proses permulihan sehabis demam ? atau perlu saya periksakan kembali ke dokter...trims dok

Answers

3 answers

  • Selamat malam.

    Seorang bayi dikatakan demam apabila suhu tubuhnya mencapai lebih dari 37,8 derajat Celcius atau lebih bila diukur dengan menggunakan termometer. Demam sendiri sebenarnya merupakan sebuah gejala, dimana biasanya menjadi pertanda bahwa tubuh seseorang sedang melawan penyakit (infeksi).

    Anda perlu mewaspadai apabila bayi anda memilik tanda-tanda seperti:
    - Tidak nafsu makan.
    - Terlihat lesu dan tidak bersemangat saat diajak bermain.
    - Tidak responsif.
    - Memiliki ruam/bercak merah pada kulit.
    - Uring-uringan saat tidur
    - Pernapasannya terganggu.
    - Terlihat tanda-tanda kekurangan cairan, seperti mulut kering, tidak ada air mata saat menangis, atau popok tidak sebasah biasanya.
    - Adanya kejang.

    Apabila anak and terus menerus dalam kondisi seperti itu, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter spesialis anak agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

  • Kalau keluhannya cuma :
    - Tidak nafsu makan.
    - Terlihat lesu dan tidak bersemangat saat diajak bermain.
    - Bibir kering.
    - Maunya tidur terus
    Gimana dok apa tetap perlu diperiksakan lagi ke dokter...trims

  • Selamat malam

    Dari gejala yang anda jabarkan anak anda sudah termasuk kategori dehidrasi ringan-sedang. Sebaiknya bawa anak anda ke dokter spesialis anak untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sebab untuk menghindari komplikasi yang timbul akibat dehidrasi.

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Anak ?
Ask Doctor
Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya