Profile
Menstruasi

Apakah Efek Samping Nystatin Ovula

Apakah Efek Samping Nystatin Ovula

Selamat siang dok, Bulan lalu saya mengalami sariawan vagina, sudah cek ke dokter dan melakukan serangkaian tes. Saya disarankam melalukan pengobatan melalui suntikan dan ada obat yang dimasukan ke vagina dan biayanya sangat mahal. Akhirnya saya googling dan menemukan obat jenis ovula vagina nystatin. Saya memakai obat itu sekitar 6 kali dan juga ada obat minum sariawan vagina yg saya beli di apotik, sejenis obat anti bakteri dan gatal. Apakah obat2 tersebut berpengaruh kepada hormon saya? Karena saya biasanya datang bulan di tgl 16 bulan lalu malah datang bulan tgl 14 tapi sampai tgl 17 saya belum Haid juga sementara saya merasakan gejala Haid. Terima kasih atas jawabannya dok.

Answers

1 answers

  • Selamat siang

    Obat vagistin merupakan obat yang mengandung antibiotik dan antijamur yang digunakan untuk mengatasi keputihan yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur. Obat ini berbentuk tablet vagina yaitu digunakan dengan cara memasukannya ke vagina. Efek samping yang ditimbulkan biasanya ringan yaitu berupa iritasi pada vagina terutama pada mereka yang sensitif terhadap bahan aktifnya. Obat ini juga tidak mempengaruhi siklus menstruasi karena tidak mengganggu siklus hormon. Begitu juga penggunaan antibiotik yang diminum, sejauh ini belum ada penelitian yang menyatakan kalau penggunaan antibiotik dapat menyebabkan gangguan siklus menstruasi. Gangguan menstruasi yang anda alami mungkin diakibatkan oleh sebab lain. Beberapa penyebab gangguan menstruasi adalah:

    Gangguan hormonal. Siklus menstruasi yang normal diatur oleh hormon reproduksi sehingga bila ada gangguan hormon dapat menyebabkan terganggunya siklus menstruasi. Penyebab gangguan hormon misalnya stress, pemakaian KB hormonal, tumor pada kelenjar hipofisis (kelenjar penghasil hormon reproduksi), dll.
    Kelainan anatomi misalnya tumor rahim (myoma uteri), penyakit indung telur (kista, polycistic ovaryan syndrome), dll.
    Aktivitas berlebih
    Gangguan makan
    Obesitas
    Kehamilan
    Dll.
    Karena banyak faktor yang dapat menyebabkan gangguan menstruasi, maka saya sarankan anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis untuk mencari penyebab pasti kelainan yang anda alami. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan tambahan untuk mencari penyebab keluhan anda seperti pemeriksaan usg, tes darah, dsb. Beberapa hal yang dapat anda lakukan agar menstruasi lancar adalah:
    Hindari stress
    Hindari aktivitas berlebih
    Makan teratur dan jaga berat badan
    Memakai KB yang tidak mengganggu siklus mentruasi misalnya KB pil, spiral, dll.

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Sperma atau air mani adalah sel reproduksi pada pria yang diproduksi oleh testis.Lalu bagaimana cara memperbanyak sperma yang benar menurut dokter. 6 Cara Memperbanyak Sperma Yuk, Bikin Puasamu #LebihEnak dengan SOYJOY Crispy Yuk, Bikin Puasamu #LebihEnak dengan SOYJOY Crispy