Profile
Hamil

Apakah hamil setelah haid ?

Apakah hamil setelah haid ?

Halo dok.saya melakukan aktiftas seksual dgn pacar saya seminggu setelah dia haid.dia terakhir haid tggl 7des2017.lalu saya melakukannya 13des2017.saya menempelkan mr.p saya ke vaginanya.saya menduga pra ejakulasi saya menempel di vaginanya,saya baru ejakulasi 20 menit kemudian,dan sebelumnya tidak ada ejakulasi.seminggu sebelum men dia mengalami gejala pms seperti kembung,dada nyeri dan meningkat nafsu makan.lalu pada tggl 5jan2018 dia haid seperti biasa selama 5 hari (28 hari dari hari haid pertama sebelumnya) .seminggu setelahnya dia mengalami demam dok,flu,batuk,nyeri tenggorokan.tpi perut,dada,dan pinggangnya tidak keram.sekarang dia hanya tinggal pilek dan badannya hangat.lalu dada dia membesar dok tapi tidak ada nyeri.lalu jerawat dia tumbuh.apakah itu tanda hamil dok tetapi dia telah haid? Terima kasih Usia wanita : 18 tahun (sebulan lagi 19 tahun)

Answers

9 answers

  • Selamat siang.

    Kehamilan dapat terjadi apabila terjadi proses pembuahan antara sel sperma dan sel telur (ovum) pada saat masa subur wanita.

    Apabila pasangan anda sudah mengalami menstruasi setelah berhubungan seksual terakhir, maka tidak mungkin terjadi kehamilan.

    Keluhan yang dialami oleh pasangan anda kemungkinan disebabkan oleh penyebab lainnya, seperti infeksi. Apabila keluhan tidak membaik, sebaiknya pasangan anda memeriksakan diri ke dokter.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga bermanfaat.

  • Tpi dok kenapa payudaranya membesar? Dan dia demam setelah haid?

  • Selamat siang

    Beberapa hal yang dapat menyebabkan payudara terasa membesar setelaah haid antara lain:

    Kafein, Nikotin, Metilxanthin, dan Lainnya:
    Vasodilator, suatu bahan kimia yang menyebabkan pelebaran pembuluh darah, yang akan membuat tubuh merasa stress. Karena efek inilah, rasa nyeri dan berbagai gejala tidak menyenangkan lainnya dapat menjadi lebih terasa. Jadi, jika Anda sering menggunakan obat ini, maka ada baiknya bila Anda mengurangi konsumsinya.

    Retensi Cairan

    Retensi cairan akibat garam, kurang olahraga, atau menderita gangguan kesehatan tertentu dapat menyebabkan payudara menjadi lebih berat sehingga menjadi lebih sakit. Jadi, ada baiknya bila Anda mengurangi konsumsi garam. Lebih sering berolahraga juga dapat mengurangi retensi cairan.

    Lemak Hewani

    Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa lemak hewani turut berperan dalam terjadinya nyeri payudara. Akan tetapi, para ahli masih tidak mengetahui apakah lemaknya yang menjadi penyebab atau apakah hormon yang terdapat di dalamnya yang menjadi penyebab.

    Susu dan Produknya
    Seperti halnya lemak hewani, hubungan antara nyeri payudara dan susu masih belum diketahui secara pasti. Para ahli menduga kandungan lemak di dalam susu dan produknyalah yang menjadi penyebab nyeri payudara, atau mungkin juga dikarenakan oleh hormon dan zat kimia yang terdapat di dalamnya.

    Sementara demam terjadi akibat reaksi tubuh melawan infeksi.

    Jika pasangan anda telah mengalami haid berarti tidak terjadi kehamilan. Penyebab keluhan yang dialami bisa karena infeksi atau penyebab lain.

    Semoga membantu

  • Tapi dok dia selesai haid tggl 10jan2018,dan dia saya beri testpack tggl 11jan2018,keesokan paginya dia test.lalu hasilnya negatif.apakah itu sudah pasti tidak hamil dok? Tetapi yang buat saya pikiran setelah haid dia menderita seperti gejala orang hamil.bagaimana dok?

  • Selamat sore.

    Apabila pasangan anda sudah haid setelah berhubungan intim terakhir, maka tidak mungkin hamil. Jadi walaupun anda periksa test pack berkali-kali akan tetap memberikan hasil negatif.

    Tanda pasti kehamilan adalah hasil test pack positif atau dilakukan pemeriksaan USG didapatkan kantong kehamilan dan adanya janin. Sedangkan keluhan-keluhan lainnya merupakan tanda tak pasti kehamilan, dimana dapat dialami oleh seseorang yang menderita penyakit lain

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

  • Apakah stress berat bisa menimbulkan gejala2 seperti kehamilan dok?

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore,

    Beberapa gejala atau tanda kehamilan yang umum dijumpai adalah:

    1. Payudara yang membesar dan (kadang) nyeri. Anda merasakannya seperti saat mendekati menstruasi. Payudara Anda menjadi lebih besar, kadang nyeri jika disentuh. Beberapa wanita bahkan bisa merasakan perbedaannya beberapa hari setelah terjadinya pembuahan.

    2. Mudah lelah. Anda tiba-tiba jadi malas melakukan kegiatan biasanya, ingin tidur seharian, seperti kehabisan tenaga. Jangan coba melawannya, tenang saja, dan biarkan berjalan apa adanya sampai anda membuktikannya nanti.

    3. Mual dan Muntah. Gejala ini identik dengan kehamilan. Perubahan hormon (peningkatan hCG) akan menyebabkan wanita hamil merasa mual dan muntah di pagi hari -dan bahkan di siang dan malam hari. Jika Anda benar-benar positif hamil, tenang saja karena biasanya gejala ini hanya berlangsung di trimester 1.

    4. Penciuman lebih sensitif. Kadang ketika Anda merasa bahwa penciuman menjadi lebih tajam dari biasanya, bisa jadi Anda sedang “mencium” gejala kehamilan. Hal ini mungkin disebabkan karena perubahan hormonal dalam tubuh anda.

    5. Sering Kencing. Perubahan hormon bertanggung jawab penuh atas peningkatan aliran darah, dan juga frekuensi kencing Anda.

    6. Perut kembung. Jika belakangan anda sering merasa perut anda kembung (bloated), bisa jadi perubahan hormon akibat kehamilan adalah penyebabnya.

    7. Tidak haid. Walaupun tidak selalu berarti suatu kehamilan, tapi tidak munculnya haid bisa jadi merupakan tanda bahwa Anda hamil. Sangat disarankan bagi wanita untuk rajin mencatat tanggal siklus haid mereka.

    8.Kenaikan suhu tubuh. Jika Anda teliti, suhu basal anda (suhu ketika anda baru bangun tidur di pagi hari) akan meningkat hingga 1 derajat semenjak terjadinya konsepsi, dan ini bisa berlangsung terus jika anda memang hamil.

    9. Spotting. Jika Anda sedang mengharapkan kehamilan, dan kalender sudah menunjukkan anda terlambat haid, jangan keburu panik ketika mendapati bercak darah (spotting). Itu bisa saja akibat penempelan embrio pada dinding rahim, dan itu hal yang normal. Yang perlu Anda lakukan adalah beristirahat, dan mungkin berkonsultasi dengan dokter Anda.

    10. Kram ringan. Kram ringan juga dapat dijumpai pada beberapa wanita hamil dan diduga berkaitan dengan proses implantaasi yang sedang terjadi.

    hal diatas hanyalah gejala saja untuk memastikannya sebaiknya anda melakukan test kehamilan karena keakuratan tes kehamilan terutama dengan test pack bisa mencapai 99% jika dilakukan kira2 7-12 hari setelah berhubungan intim pada masa subur.

    Untuk lebih memastikan, anda bisa melakukan pengecekkan kadar hcg dalam darah pada dokter kandungan atau laboratorium, namun tanda pasti kehamilan hanya dapat dipastikan dengan USG jika sudah terlihat kantung kehamilan dan janin.

    terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor, semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda.

  • Tetapi dok dia sudah haid.dan haidnya normal seperti biasa dan siklusnya seperti biasa.tetapi setelah haid dia mengalami gejela2 seperti orang hamil? Apakah itu krn stress berat atau kenapa? Dan setelah haid di hari terakhirnya saya berikan dia testpack lalu hasilnya negatif.tetapi mengapa gejala2 tersebut bisa muncul? Mulai dari demam ringan,flu,batuk,nyeri tenggorokan,nafsu makan tidak menurun,timbul jerawat dan payudara membesar.tetapi perut,pinggang dan payudaranya tidak nyeri.apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Terima kasih


    Usia wanita 18’tahun (sebulan lagi 19 tahun)

  • Selamat sore

    Apabila pasangan anda sudah mengalami menstruasi setelah berhubungan seksual terakhir, maka tidak mungkin terjadi kehamilan. 

    Keluhan yang dialami pasangan anda bisa disebabkan penyebab lainnya seperti infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

    Apabila anda ragu pasangan anda hamil atau tidak padahal sudah mengalami menstruasi, dapat berkonsultasi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan USG.

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Demam pada anak bisa diatasi dengan cara alami seperti mengompres dahi anak dengan air dingin. Cara Turunkan Demam pada Anak Tanpa Obat Posisi seks konon dapat meningkatkan peluang hamil, padahal ada cara lebih efektif yang bisa Anda lakukan Benarkah Posisi Seks Tingkatkan Peluang Hamil?