Profile
Kanker Payudara

Apakah ini ciri ciri kanker payudara?

Apakah ini ciri ciri kanker payudara?
Jakarta

Hy dok, saya mau tanya. Saya wanita berusia 21 tahun. Saya memiliki benjolan seperti bisul di bagian payudara kiri (sebelah bawah), itu ada sejak 7 tahun yang lalu (2010), saya konsultasi 3 tahun kemudiannya (2013), dokter bilang itu ga bahaya. Kemudian tepat (2014 - 2015) payudara kiri saya, di sekitar puting merasa gatal, lama lama luka dikit, perih, keluar cairan bercak darah sedikit. Kemudian bbrpa bulannya hilang tanda-tanda itu, kembali normal. Tapi sekarang (2017) saya kembali mengalami hal yg sama, gatal, perih, luka di bagian puting. Apa itu ciri-ciri kanker payudara dok? Selama 7 tahun dok. Sebaiknya apa yg saya lakukan ya? Mohon di jawab dok. Terimakasih

Answers

2 answers

  • Selamat siang,

    Gejala dari kanker payudara antara lain adalah :
    - Benjolan pada payudara
    - Benjolan pada ketiak yang dapat disertai pembengkakan
    - Tidak nyeri dan biasanya terjadi pada 1 sisi saja
    - Kulit payudara menjadi seperti kulit jeruk
    - Terbentuk dimple (kulit mengkerut-cekungan pada kulit) pada payudara
    - Perubahan tampilan puting menjadi cekung atau masuk ke dalam
    - Keluar cairan dari puting
    dll.

    Jika anda mengalami gejala berikut, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter (bisa dokter umum atau langsung ke dokter spesialis bedah).
    Untuk memastikan apakah benjolan adalah kanker atau bukan maka pemeriksaan fisik ) perlu dilakukan. Selain itu pemeriksaan seperti USG atau Mammografi juga bisa mendeteksi kelainan benjolan yang terjadi. Periksa payudara sendiri (SADARI) setiap bulan setelah haid bisa membantu Anda mendeteksi dini kelainan payudara yang terjadi sehingga bisa mendeteksi kanker pada stadium awal.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

  • Selamat siang,

    Penyebab umum payudara terasa gatal adalah adanya kondisi atopic dermatitis atau eczema, yang merupakan kondisi kulit yang mengalami peradangan. Penyebab pasti dari timbulnya atopic dermatitis tidak diketahui, namun kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya kulit kering, kulit gatal hingga ruam. Faktor lainnya yang mungkin menyebabkan timbulnya rasa gatal pada payudara ataupun pada puting payudara antara lain:

    1. Deterjen atau sabun pembersih yang digunakan untuk mencuci pakaian maupun pakain dalam.
    2. Adanya tambahan kandungan pewangi buatan yang bersentuhan dengan kulit.
    3. Kandungan dalam sabun mandi yang tidak cocok dengan kulit.
    4. Ketidakcocokan antara kulit payudara dengan serat kain wol.
    5. Kulit di payudara alergi terhadap bahan pakaian dalam Anda.

    Selain penyebab gatal yang berasal dari luar, kondisi ibu yang sedang hamil juga dapat menyebabkan payudara mengalami pembesaran. Kulit yang tertarik dan meregang dapat menyebabkan timbulnya gatal dan kulit pecah-pecah.

    Infeksi jaringan di payudara yang dikenal sebagai Mastitis dapat pula menyebabkan timbulnya gatal pada payudara dan puting. Kondisi ini paling berisiko dialami oleh ibu yang baru melahirkan dan sedang dalam masa menyusui.

    Meskipun jarang, terkadang rasa gatal yang timbul secara konstan pada payudara dan puting dapat menjadi indikasi adanya kondisi penyakit yang serius seperti kanker. Namun, kondisi gatal pada payudara yang disebabkan oleh kanker akan disertai dengan kondisi abnormal lainnya pada payudara seperti gejala puting yang tertarik ke dalam, kulit payudara kasar dan menebal, payudara kemerahan, adanya benjolan, atau cairan yang keluar dari puting.

    Sehingga dengan berbagai kemungkinan gatal pada payudara, sebaiknya ibu memeriksakan diri kedokter untuk mengetahui penyebab dan mendapatkan penanganan yang tepat.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.
    Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kanker Payudara ?
Ask Doctor
Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami