Profile
Menstruasi

Apakah Nyeri Hebat Saat Haid Berbahaya

Apakah Nyeri Hebat Saat Haid Berbahaya

Dokter.. saya sangat terganggu ketika haid datang. Rasa nyeri hebat di perut saya meneyebabkan saya berkeringat dingin, gemeteran dan mual serta muntah. Untuk mengurangi nyeri itu saya selalu mengonsumsi oskadon 2 tablet karena disitu dituliskan dapat mengurangi nyeri haid. Yang ingin saya tanyakan apakah gejala yang saya alami itu normal dok? Kemudian adakah efek samping meminum obat oskadon tersebut? Yang lebih anehnya lagi dok, kenapa menstruasi saya berlangsung sangat cepat hanya 2 - 3 hari namun sangat banyak darah yang keluar? Terimakasih dok atas jawabnnya.

Answers

1 answers

  • Selamat siang..
    Kondisi yang Anda alami saat ini dengan keluhan utama berupa rasa sakit pada saat menstruasi yang dalam bahasa medis disebut sebagai dismenorea, haruslah diketahui penyebabnya jika sudah mengganggu aktivitas sehari-hari.
    Anda memang dapat saja mengonsumsi obat pereda rasa sakit yang mengandung parasetamol, asam mefenamat, ibuprofen, apabila tidak terdapat kontra indikasi teradap tubuh Anda. Akan tetapi memang sebaiknya penyebab dari rasa sakit yang sangat pada saat menstruasi haruslah diketahui dan ditangani, agar Anda tidak ketergantungan dengan obat pereda rasa sakit tersebut.
    Berikut ini beberapa penyebab yang paling sering menimbulkan dismenorea, yaitu : endometriosis === terjadi oleh karena sel - sel yang menyelubungi rahim mulai tumbuh di luar rahim, peradangan pada Panggul
    adenomiosis === jaringan lapisan paling dalam rahim mulai tumbuh ke dalam dinding otot rahim, Stenosis leher rahim.
    Menstruasi normalnya terjadi setiap 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Menstruasi yang berlangsung selama 2 hari seperti yang Anda alami dapat tergolong sebagai hipomenore, yaitu menstruasi dalam waktu yang singkat atau dengan volume darah haid yang sedikit. Berbagai kemungkinan penyebabnya antara lain:
    Ketidakseimbangan hormonal
    Stres psikis
    Kelelahan akibat aktivitas fisik yang berat
    Olahraga berlebihan
    Penurunan berat badan yang drastis
    Obesitas
    Efek samping penggunaan kontrasepsi
    Gangguan hormon tiroid
    PCOS/sindrom polikistik ovarii
    Bila menstruasi singkat yang Anda alami hanya terjadi sesekali, misalnya pada saat mengalami kelelahan atau stres, maka kondisi ini masih tergolong normal dan tidak perlu dikuatirkan. Namun apabila keluhan terus berlanjut, atau jika menstruasi semakin melambat atau bahkan berhenti, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan agar penyebabnya dapat ditelusuri. Tes penunjang seperti USG atau tes darah dapat dianjurkan oleh dokter jika diperlukan untuk menganalisis penyebabnya lebih jauh, sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi dasarnya.
    Berikut ini anjuran bagi Anda:
    Beristirahat yang cukup dan tidur cukup
    Jangan terlalu lelah dan membatasi aktivitas fisik yang berat
    Mengelola stres dengan bijak
    Konsumsi makanan bergizi
    Hindari diet ketat
    Mempertahankan berat badan ideal
    Berolahraga ringan secara rutin
    Untuk informasi lebih lengkap atasi nyeri haid dapat dilihat di:
    https://meetdoctor.com/mobile/article/cegah-nyeri-menstruasi
    Terimakasih telah menggunakan layanan meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Kondom dikenal untuk mencegah terjadinya kehamilan. Namun sekarang kondom punya berbagai bentuk dengan fungsi yang berbeda. Kondom, Ini Bentuk hingga Fungsinya Posisi seks konon dapat meningkatkan peluang hamil, padahal ada cara lebih efektif yang bisa Anda lakukan Benarkah Posisi Seks Tingkatkan Peluang Hamil?