Profile
Asma

Asma selama kehamilan

Asma selama kehamilan
Palembang

Sore dok.. Saya mau bertanya.. Saya sekarang sedang hamil anak pertama. Usia kehamilan saya 24 minggu.. Saya juga seorang penderita asma.. Sebelum menikah saya sering konsumsi obat asma setiap hari dalam bentuk inhaler yaitu symbicort.. Sampai saya hamil sekarang pun saya sering konsumsi minimal 2 hari sekali.. Kalo tidak dikonsumsi asma saya kambuh.. Yg ingin saya tanyakan apakah aman obat ini bagi saya dan janin saya.. Terima kasih

Answers

3 answers

  • Selamat sore, terima kasih atas pertanyaan Anda.

    Symbicort merupakan pengobatan asma yang berisi budesonide dan formoterol. Formoterol merupakan pengobatan asma golongan beta agonis dan budesonide juga merupakan pengobatan asma golongan steroid. Secara umum, keamanan obat dalam kehamilan dikategorikan sebagai A, B, C, D dan X. Obat kategori A dan B merupakan obat-obat yang secara umum dikatakan aman untuk digunakan dalam kehamilan. Obat kategori C berarti obat tersebut terbukti menunjukkan efek tidak baik pada janin hewan coba, tetapi belum ada bukti / percobaan yang cukup pada manusia, dapat digunakan pada kehamilan jika dirasakan manfaat lebih besar dari resiko potensial dari kerugian yang mungkin dialaminya. Obat kategori D merupakan obat yang telah dibuktikan dalam penelitian janin manusia memberikan efek tidak baik dan hanya digunakan dalam kondisi yang mengancam nyawa si ibu. Kategori X merupakan obat yang sama sekali tidak boleh digunakan dalam kehamilan / kontraindikasi karena telah terbukti menyebabkan cacat pada janin.
    Obat asma yang dapat digunakan pada kehamilan adalah obat golongan agonis beta 2, termasuk didalamnya ventolin / salbutamol, terbutalin dan formoterol. Semua obat diatas termasuk dalam kategori C, tidak ada obat asma yang masuk dalam kategori A dan B. Terbutalin, dahulu termasuk dalam kategori B tetapi sekarang telah diubah menjadi kategori C. Pemakaian dengan cara inhalasi lebih disukai dibandingkan secara oral, terutama pada ibu hamil, karena lebih obat lebih cepat dieliminasi dan tidak diserap secara sistemik / hanya terbatas pada saluran nafas. Penggunaan obat beta agonis seperti formoterol dapat dibenarkan untuk digunakan pada serangan asma, karena jika ibu sesak dan kekurangan oksigen maka dampak yang ditimbulkan akan jauh lebih besar daripada resiko penggunaan obat tersebut. Untuk lebih jelas, ibu dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan dan kebidanan yang menangani.
    Selain dari pengobatan saat terjadi serangan, pencegahan terjadinya serangan asma dengan menghindari pencetus juga tidak kalah penting. Langkah mencegah serangan asma yang bisa dilakukan adalah :
    - hindari pemicu asma Anda.
    - Jauhi asap rokok dan berhenti merokok.
    - Hindari orang yang sedang flu, bersin, batuk.
    - Jaga kebersihan rumah dan kamar.
    - Hindari makanan dan barang yang menyebabkan Anda alergi.
    - Gunakan masker jika Anda bepergian.
    - vaksinasi flu diri Anda.

    Semoga bermanfaat, terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

  • Terimakasih dok atas jawabannya.. Saya mau bertanya lagi ni.. Jd intinya apakah symbicort aman untuk ibu hamil? Dan apakah boleh melakukan vaksinasi flu saat hamil?

  • Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika penggunaan obat memang diperlukan karena manfaatnya lebih besar daripada efek yang ditimbulkan oleh obat maka dapat anda gunakan selama kehamilan. Golongan obat yang telah terbukti benar-benar aman hanya golongan A dan B jadi, untuk golongan C seperti obat asma penggunaannya tetap harus hati-hati dan dalam pemantauan dokter. Selain itu memang penggunaan obat inhalasi jauh lebih aman dibandingkan obat oral / yang diminum. Namun anda tetap perlu untuk konsultasi dengan dokter kandungan anda mengenai kondisi asma dan pengobatan apa yang anda gunakan. Dokter mungkin akan menyarankan metode pengobatan tertentu atau metode persalinan yang aman sesuai kondisi untuk mencegah serangan asma pada saat persalinan.
    Vaksinasi flu pada saat kehamilan aman untuk dilakukan.
    Semoga bermanfaat, Salam.

Anda punya pertanyaan seputar Asma ?
Ask Doctor
Cegah ISPA dengan menghentikan penyebaranny, pemberian vaksin, dan berhenti merokok. 4 Cara Cegah ISPA Demensia adalah suatu kondisi yang berkaitan dengan penurunan kemampuan fungsi otak Ini Gejala Awal Demensia yang Sering Diabaikan