Profile
Pengobatan Alternatif

bab air terus menerus

bab air terus menerus

selamat sore pak dokter , saya mau nanya masalah kesehatan saya akhir akhir ini yang tidak membaik , ciri ciri gejala penyakit yang saya alami itu BAB air terus menerus sudah 2 bulan terakhir ini , setelah itu perut saya kadang kadang seperti terasa banyak air di dalam perut , tapi setelah bab perut terasa tidak ada air lagi , padahal pola makan saya sudah saya jaga tapi tetap saja saat ini bab saya belum normal ,

Answers

2 answers

  • Selamat sore

    Buang air besar cair atau setengah cair lebih dari 3 kali sehari baru disebut sebagai diare. Jika memang BAB Anda setiap hari cair namun hanya sekali sehari mungkin hal ini masih dianggap normal.

    Namun tetap waspadai kemungkinan penyakit lain yang mendasarinya, seperti:
    gasteroenteritis
    keracunan makanan atau minuman
    sindrom iritasi usus
    penyakit Crohn
    kolitis ulseratif
    disentri
    efek samping obat-obatan tertentu
    konsumsi alkohol atau kopi berlebihan
    dsb.

    Hal yang paling patut diwaspadai pada diare adalah kemungkinan terjadinya dehidrasi. Tanda-tanda dehidrasi seperti: kulit ketika dicubit tidak kembali dengan cepat (turgor kulit menurun), mata cekung, urine pekat, mulut kering, dsb.

    Sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga diketahui penyebab keluhan anda dan pengobatan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Selamat siang,

    Diare adalah buang air besar dengan tinja encer atau berair dengan frekuensi lebih sering dari biasanya (lebih dari 3 kali). Jika terjadi kurang dari 14 hari disebut diare akut dan bila berlangsung lebih 2 minggu disebut diare kronis. Umumnya diare disertai dengan gejala saluran cerna yang lain seperti mual, muntah, dan nyeri perut. Kadang-kadang juga dapat disertai dengan adanya demam, darah pada feses serta tenesmus (gejala disentri).

    Diare kronis sebaiknya diperiksakan lebih lanjut agar dapat diketahui penyebab diarenya lalu kemudian diberikan terapi yang sesuai. Segeralah mencari bantuan medis bila terdapat tanda-tanda dehidrasi seperti lemas, mata cekung, urine pekat, mulut kering, kulit ketika dicubit tidak kembali dengan cepat (turgor kulit menurun).

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor . Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Anda punya pertanyaan seputar Pengobatan Alternatif ?
Ask Doctor
Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu