Profile
Luka Bakar

BAGAIMANA MENGHILANGKAN GELEMBUNG LUKA BAKAR ?

BAGAIMANA MENGHILANGKAN GELEMBUNG LUKA BAKAR ?
Bandung

dokter.. 4 hari yang lalu tangan saya terkena cipratan bubur mendidih.. lalu saya siram air dingin.. rasanya perih dan panas.. tak lama kemudian muncul gelembung air .. sampai sekarang gelembungnya masih ada tapi sudah tidak sakit. bagaimana menghilangkan gelembung nya ? apa akan pecah atau hilang dengan sendiri nya ? apabila pecah.. bolehkah saya beri salep bioplacenton ?

Answers

1 answers

  • dr. Tri Ari Wibowo dr. Tri Ari Wibowo Dokter Umum

    Salam Sehat,

    luka bakar (terutama luka bakar ringan) sering dianggap sepele dan diobati atau ditangani dengan cara yang kurang tepat. Akibatnya adalah infeksi dan penyembuhan luka yang tidak sempurna, sehingga menimbulkan parut/scar.
    Bila timbul bula (gelembung pada kulit yang terbakar berisi cairan) janganlah dipecahkan dan kulitnya dikupas karena tindakan ini akan membuat luka terinfeksi. Bula sebaiknya disedot (aspirasi) menggunakan needle (jarum steril) dan kulit yang hangus dibiarkan terkupas sendiri.
    Untuk menghindari terbentuknya bekas luka yang buruk, seheralah berkonsultasi ke dokter spesialis bedah plastik rekonstruksi dan estetik (Sp.BP-RE)

    Terima kasih

Anda punya pertanyaan seputar Luka Bakar ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan