Profile
Hamil

Bagiaman cara agar tidak hamil setelah seks

Bagiaman cara agar tidak hamil setelah seks

Dok, saya mau tanya. Saya baru baru ini melakukan seks sampai spema keluar di dalam, dan saya ingin dapat haid dan tidak ingin hamil. Sebelum sy melakukan seks itu, saya memang belum dapat haid hampir 2mingguan. Bagaimana kah caranya saya agar bisa dapat haid dan tidak hamil dok? Mohon jawaban nya

Answers

3 answers

  • Selamat sore Ibu

    Kehamilan terjadi apabila sel telur dibuahi oleh sel sperma. Sel telur dilepaskan saat ovulasi pada masa subur wanita. Sedangkan sel sperma dapat bertahan hingga 7 hari dalam rahim wanita. Sehingga apabila dalam waktu 1-7 hari setelah berhubungan wanita mengalami ovulasi, kehamilan mungkin saja terjadi. Untuk mencegah terjadinya pembuahan setelah berhubungan anda dapat menggunakan kontrasepsi darurat yaitu morning after pill. Kontrasepsi darurat bertujuan untuk mencegah kehamilan hanya pada kondisi-kondisi khusus seperti lupa memakai kondom, kondom terlepas, rusak, bocor, senggama terputus gagal, kesalahan menghitung masa subur, perkosaan, spiral lepas, lupa minum pil KB, dan terlambat suntik KB. Kontrasepsi darurat dengan morning after pill cukup efektif apabila dikonsumsi sebelum 72 jam setelah berhubungan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • saya juga belum dapat haid dok sampe sekarag, saya sudah terlambt haid, bagamana ya cara nya agar saya bisa dapat haid dan kehamian tidak terjadi?

  • Selamat malam,

    Seperti yang telah dijelaskan dokter diatas, untuk mencegah terjadinya kehamilan pasca berhubungan yaitu mengonsumsi kontrasepsi darurat namun dalam waktu 72 jam pasca berhubungan.

    Jika sudah lewat waktu tersebut maka tidak akan ada lagi hal yang dapat dilakukan untuk mencegah pembuahan. Anda hanya dapat menunggu haid anda tiba atau melakukan tespack setidaknya 2 minggu setelah anda berhubungan seks. Sebaiknya hindari seks bebas diluar nikah agar anda tidak memiliki kekhawatiran berlebihan akan terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan.

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Kanker payudara merupakan penyakit yang menakutkan. Namun, ada harapan untuk pencegahan kanker ini. 7 Hal Baru Tentang Kanker Payudara yang Perlu Anda Tahu Kanker payudara merupakan penyakit yang menakutkan. Namun, ada harapan untuk pencegahan kanker ini. 7 Hal Baru Tentang Kanker Payudara yang Perlu Anda Tahu