Profile
Tuberkulosis

batuk kering gatal yang tak tertahankan

batuk kering gatal yang tak tertahankan

saya sebelumnya pernah beberapa kali terserang batuk pilek dari flu, namun kali ini saya terserang batuk dari flu dimana batuk ini sangat gatal dan tidak tertahankan, untuk menahan gatal biasanya saya menggunakan permen woods, saya hampir 1 minggu lebih batuk diobati dengan obat obatan warung. apakah ini gejala TBC?

Answers

2 answers

  • Selamat siang,

    Dapatkah kami mengetahui informasi tambahan mengenai keluhan yang Anda alami yaitu apakah batuk Anda disertai keluar darah, apakah terdapat penurunan berat badan dan penurunan nafsu makan, apakah terdapat keluhan lain seperti keluar keringat saat malam hari, sesak nafas, demam, pilek, sakit menelan, dan suara serak ? Apakah Anda memiliki kebiasaan merokok ?apakah Anda memiliki riwayat alergi dan asma?

    Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan batuk yaitu infeksi saluran pernapasan atas, asma, batuk karena sebab lain seperti penmonia, TBC, dll.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor
    Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

  • Selamat pagi,

    Batuk adalah salah satu cara tubuh untuk membersihkan partikel asing, kotoran, lendir, atau mikroba dari paru-paru dan saluran pernapasan bagian atas, atau sebagai reaksi atas saluran pernapasan yang gatal atau terganggu. Frekuensi batuk yang cukup sering biasanya mengindikasikan adanya penyakit.

    Batuk bukanlah penyakit, melainkan sebuah gejala, dan umumnya deteksi penyakit diputuskan setelah melakukan pemeriksaan langsung terhadap pasien. Dokter akan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisis dan penunjang bila diperlukan untuk mengetahui penyebab batuk.

    Ada banyak penyebab batuk antara lain :
    1. Penyakit akibat virus. Merupakan kondisi normal jika terdapat batuk berdahak ketika seseorang mengalami flu biasa atau pilek yang disebabkan oleh virus.
    2. Infeksi. Infeksi paru-paru atau saluran napas bagian atas dapat menyebabkan batuk. Batuk berdahak mungkin merupakan gejala pneumonia, bronkitis, sinusitis, atau TBC. Penyakit paru-paru kronis.
    3. Asam lambung naik. Jenis batuk mungkin merupakan gejala dari penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD) atau naiknya asam lambung sampai ke tenggorokan sehingga merangsang batuk dan kondisi seperti ini sering kali dapat membangunkan Anda dari tidur.
    4. Nasal discharge (postnasal drip). Biasanya terjadi pada pasien sinusitis dimana cairan kental dari sinus mengalir ke tenggorokan paling sering terasa pada pagi hari ketika bangun tidur. Hal ini dapat menyebabkan batuk berdahak atau perasaan bahwa Anda terus-menerus perlu untuk membersihkan tenggorokan.
    5. Alergi. Sering bersin juga merupakan gejala umum dari rinitis alergi. Bersin pada rinitis alergi biasanya juga disertai dengan batuk kering.
    6. Asma. Batuk kering kronis dapat menjadi tanda asma ringan. Gejala lain mungkin menyertai termasuk mengi, sesak napas, atau perasaan sesak di dada.

    Untuk mengetahui penyebab batuk, sebaiknya lakukan pemeriksaan kedokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

    sebagai tambahan informasi, silahkan buka link berikut :http://meetdoctor.com/article/gejala-tbc

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor
    Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda

Anda punya pertanyaan seputar Tuberkulosis ?
Ask Doctor
Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur