Profile
Perawatan Bayi

Bayi memukul kepala sendiri

Bayi memukul kepala sendiri

Dok anak saya umur 1 th, sering memukul kepalanya sendiri pake tangan? Wajarkah atau berbahaya dok? Terimakasih

Answers

1 answers

  • selamat malam

    Memukul-mukul atau membentur-benturkan kepala sebenarnya gejala yang cukup umum ditemukan pada anak berusia 1-2 tahun. Gejala ini lebih sering ditemukan pada anak laki-laki dibandingkan pada anak perempuan. Anak memukul atau membenturkan kepala karena beberapa alasan:

    memukul atau membenturkan kepala membantu anak menenangkan dirinya sendiri (mirip dengan mengenyot empeng, mengisap jempol, atau menarik rambut)
    mengatasi nyeri yang diatasi misalnya nyeri tumbuh gigi atau nyeri telinga bila terdapat infeksi telinga
    anak sedang marah atau frustasi, dan memukul atau membenturkan kepala merupakan sarana pelampiasan emosi anak dan membuat anak merasa lebih tenang
    anak sedang mencari perhatian orang tuanya
    membentur-benturkan kepala secara ritmik bisa menjadi pertanda adanya gangguan perkembangan seperti autisme

    Memukul atau membenturkan kepala sendiri tidak akan membawa efek samping tertentu untuk anak ataupun perkembangan otak anak. Anak tidak akan memukul kepala atau membenturkan kepala dengan sangat keras hingga anak merasa sangat sakit atau hingga bisa mencederai kepalanya sendiri. Namun bila anda memperhatkan anak anda memiliki gangguan perkembangan lain menyertai gejala tersebut, sebaiknya anda membawa anak anda ke dokter anak untuk mendapat evaluasi lebih lanjut.

    Untuk mengatasi kebiasaan anak anda tersebut, anda dapat mencoba melakukan beberapa hal berikut:

    Berikan perhatian lebih pada anak, namun jangan saat anak membenturkan kepala. Memberikan perhatian (termasuk melarang, memarahi, menahan tangan anak) saat anak sedang memukul kepalanya sendiri akan membuat anak merasa mendapat perhatian yang diinginkannya, sehingga akan semakin melakukannya.
    Amankan lingkungan sekitar anak, hindari meletakkan benda-benda tajam atau benda keras di sekitar anak yang bisa dipakai untuk memukul kepalanya.
    Saat anak sedang memukul kepala, cobalah alihkan ke hal lainnya, misalnya mengajak anak untuk memukul-mukul drum mainan.
    Bila anak sering memukul kepala mendekati waktu tidur, cobalah membuat rutinitas tidur yang menenangkan untuk anak, misalnya membaca dongeng sebelum anak tidur, menyanyikan lagu pengantar tidur, membiarkan anak memeluk boneka, guling, selimut, atau hal lain yang dapat menenangkan anak.

    Bila kebiasaan memukul kepala tersebut menyebabkan anak melukai dirinya sendiri (misalnya kepala sampai benjol atau sampai luka berdarah karena dipukul-pukul sendiri), bawalah anak ke dokter anak untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

    sekian semoga bermanfaat

Anda punya pertanyaan seputar Perawatan Bayi ?
Ask Doctor
Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami