Profile
Sembelit (Constipation)

Bayi sembelit

Bayi sembelit

Selamat malam dok, saya Annisa, ibu rumah tangga, usia 28 tahun, anak usia 6 bulan. Saat ini anak saya sudah mulai mpasi. Namun sudah 5 hari ini dia tidak buang air besar. Selama 5 hari itu, dia makan pure kabocha, pure kentang, pure beras merah, pure pepaya, pure wortel, pure melon, pure labu siam, pure beras putih organik, pure pear, pure tahu sutera. Semua makanan tersebut diolah sangat halus. Namun ada beberapa makanan yg sudah di blender dan di saring masih agak kasar. Seperti wortel dan beras merah. Saya mulai khawatir. Apakah anak saya sembelit karena memakan makanan seperti itu? Karena sudah 5 hari ia tidak pup. Air putih juga sudah di berikan. Pijat ILU juga sudah dilakukan. Dan dia juga sering minum ASI. Apakah bahan makanan tsb menyebabkan sembelit? Anak saya sendiri sih tidak terlihat kesakitan atau seperti mau pup. Mohon pencerahannya dok.

Answers

1 answers

  • Selamat malam

    Konstipasi atau sembelit adalah berkurangnya frekuensi buang air besar dengan tinja yang keras dibanding biasanya. Sebelum mengatakan seorang anak mengalami konstipasi, kita harus memahami pola buang air besar berdasarkan usia anak. Pada anak usia di atas 6 bulan, frekuensi 2 hari sekali masih dianggap normal, selama konsistensi tinja tetap lunak.

    Banyak faktor yang dapat mempengaruhi frekuensi buang air besar dan konsistensi tinja pada anak, yaitu:
    - pengaruh makanan yang dikonsumsi. Pada anak yang mengalami konstipasi (sembelit) ataupun diare pada saat awal pemberian makanan pendamping asi masih dikategorikan wajar karena anak masih dalam fase adaptasi yakni peralihan dari asi ke mpasi. Pastinya saluran cerna anak akan memberikan respon berbeda terhadap asupan makanan yang lebih padat dari asi.
    - kurang asupan cairan
    - gangguan pencernaan
    - dll
    Semasih anak tidak rewel, berat badan tetap naik, anak tetap aktif, maka anda tidak perlu khawatir. Tetap perkenalkan anak anda dengan mpasi yang sesuai dengan usinya yakni di atas 6 bulan dimulai dari yang lunak misal puree buah, puree sayur, juga pastikan kebutuhaa cairan anak terpenuhi. Akan tetapi, jika keluhan tetap berlanjut anda dapat mengkonsultasikannya kembali dengan dokter spesialis anak.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Sembelit (Constipation) ?
Ask Doctor
 p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma  p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma