Profile
Kesehatan Seksual

bekas luka cesar

bekas luka cesar

selamat siang dok..21 bln yg lalu saya melahirkan secara secar karan presbo...pertanyaan saya apakah jika hamil lagi saya bisa melahirkan secara normal?dan bekas jahitan bisa hilang setelah berapa lama y dok..?mohon penjelasannya.. Terimakasih.

Answers

1 answers

  • Selamat siang, terima kasih untuk pertanyaanya.

    Penyembuhan luka bekas operasi cesar sangat bervariasi untuk tiap wanita, umumnya dalam rentang 6 - 8 minggu bekas jahitan baik di rahim dan di permukaan kulit sudah mengering. Dapat lebih lama untuk kondisi tertentu seperti ada infeksi luka, atau kondisi diabetes yang menyebabkan luka lebih lama untuk sembuh. Untuk bekas jahitan yang telihat di permukaan kulit tidak dapat diprediksi apakah dapat hilang sempurna atau tidak, pada umumnya akan meninggalkan bekas garis meskipun halus, dan prosesnya dapat dalam rentang bulan atau tahun.

    Jika ini merupakan kelahiran pertama Anda, melahirkan normal setelah cesar bisa saja dipertimbangkan, tergantung penilaian dokter nantinya dengan kondisi Anda dan janin. Namun, kelahiran normal setelah sebelumnya melahirkan melalui cesar mempunyai resiko yang karenanya untuk lebih aman kadang dokter kandungan lebih memilih melahirkan dengan cesar lagi.
    Melahirkan normal setelah sebelumnya melahirkan melalui cesar di dunia medis dikenal dengan VBAC (Vaginal Birth After Delivery).
    Keuntungan dari VBAC adalah dengan persalinan normal penyembuhan lebih cepat, perdarahan bisa lebih sedikit, dan resiko infeksi lebih kecil.
    Yang harus dipertimbangan untuk melakukan VBAC adalah saat dilakukan operasi cesar maka sayatan yang dibuat pada otot rahim untuk keluarnya bayi akan lebih 'rapuh' dibandingkan dengan bagian rahim lainnya, bagian bekas sayatan ini mudah beresiko untuk sobek dan mengakibatkan perdarahan hebat. Kontraksi pada saat proses kelahiran normal akan memperbesar terjadinya robekan pada rahim / ruptur uterus.
    Hal-hal yang meningkatkan resiko ruptur uterus pada VBAC seperti:
    - ukuran bayi besar
    - kontraksi lama, dan diinduksi saat proses kelahiran
    - polihidramnion
    - multiple gestasi, dsb
    Biasanya jika hal diatas ada pada Anda, dokter lebih memilih melahirkan melalui cesar untuk menghindari komplikasi
    Untuk lebih jelasnya Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan, sekaligus menilai memungkinkan atau tidak untuk dilakukan VBAC.

    Semoga dapat membantu, terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Seksual ?
Ask Doctor
Kanker payudara merupakan penyakit yang menakutkan. Namun, ada harapan untuk pencegahan kanker ini. 7 Hal Baru Tentang Kanker Payudara yang Perlu Anda Tahu ISPA adalah infeksi saluran pernapasan akut yang disebabkan oleh virus ISPA, Penyakit Apa?