Profile
Aborsi

Belum menginginkan anak ke tiga

Belum menginginkan anak ke tiga

Assalamualaikum dok,, saya menikah Bulan september 2014 dan saya sudah di karuniakan 2 anak,, baru baru ini saya melakukan hubungan dengan istri,, dan kami membicarakan anak ke 3 lalu istri saya belom menginginkan anak ke 3 karena biaya hidup yang sederhana dan anak anak kami masih terlalu kecil,, istri saya ingin mengugurkan kandungannya tapi dia tidak mau aborsi,, jadi harus dengan cara seperti apa ya dok? Mohon bantuannya dok

Answers

6 answers

  • Selamat pagi

    Aborsi atau pengguguran kandungan atau terminasi kehamilan diperbolehkan apabila atas indikasi medis seperti kehamilan akan membahayakan nyawa ibu / janin dan apabila kehamilan merupakan hasil dari perkosaan yang menyebabkan trauma. Aborsi yang dilakukan tanpa indikasi medis merupakan aborsi ilegal yang dapat dikenai sanksi hukum bagi pelaku pengaborsi dan yang meminta diaborsi berupa penjara 10 tahun dan denda 1 milyar rupiah. Selain memiliki sanksi hukum yang tegas, tindakan aborsi juga memiliki banyak resiko:
    -Perdarahan
    -Rahim rusak
    -Infeksi akibat aborsi
    -Radang panggul
    -Kemandulan / infertilitas

    Oleh sebab itu, sebaiknya anda ataupun pasangan tidak melakukan aborsi ilegal. Apabila anda dan pasangan belum ingin hamil, sebaiknya anda tidak melakukan hubungan seksual dan juga dapat memakai alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Namun tindakan aborsi ilegal dengan cara / metode apapun tetap harus dihindari. 

    Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga bermanfaat.

  • Waktu beberapa hari kemaren saya tidak memakai pengaman dok,, lalu pencegahan agar tidak menjadi janin gimana dok? Istri saya cemberut melulu sampai sekarang dok,, dan kalo sedang di ranjang dia selalu memblakangin dok,, apa lagi kalo sampe jadi dok ,, mohon bantuannya ya dok

  • Saya takut ngasih obat an atau jamu an ke dia dok,, takut kalau dianya kenapa dok

  • dr. Gustiva Sari dr. Gustiva Sari Dokter Umum

    Selamat siang....
    Kehamilan dapat ditunda dengan menggunakan kontrasepsi, beberapa jenis kontrasepsi antara lain: hormonal (pil, suntik, implant) dan non hormonal (kondom, IUD, dll). Kontrasepsi darurat berupa postinor dapat dikonsumsi sebagai kontrasepsi darurat setelah melakukan hubungan seksual tanpa pengaman. Cara konsumsi postinor adalah dengan mengonsumsi tablet pertama tidak lebih dari 72 jam setelah melakukan hubungan seksual, tablet kedua diminum 12 jam setelah konsumsi tablet pertama.
    Jika memang ingin menunda kehamilan sebaiknya memang menggunakan kontrasepsi jangka panjang.

    Seperti yang telah dijelaskan oleh dr. Yulliza, Jika telah terjadi kehamilan tindakan aborsi tidak diperbolehkan, karena dapat membahayakan ibu dan hal ini merupakan tindakan ilegal. Tindakan aborsi dapat menyebabkan perdarahan hebat yang mengancam jiwa ibu.

    Pemberian obat atau jamu yang dapat menyebabkan terjadinya abortus atau keguguran tidak diperbolehkan. Jika telah terjadi kehamilan tidak dapat dicegah dan kehamilan tidak boleh dihentikan.


    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor
    Semoga bermanfaat

  • Jadi dok setelah 3 hari dari hubungan itu bisa di cek untuk mengetahui hamil atau tidaknya dok? Bila mana positif berarti istri saya hamil lagi dok,, atau bisa di cek sebelum lebih dari 3 hari dok?

  • Selamat malam,

    Tespack untuk mengetahui kehamilan dapat dilakukan paling cepat 2 minggu setelah berhubungan terakhir. Jika negatif masih ada kemungkinan hormon kehamilan belum terdeteksi oleh alat tespack. Anda dapat mengulanginya seminggu kemudian jika istri anda masih belum menstruasi.

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Aborsi ?
Ask Doctor

Popular Article

Endometriosis adalah kondisi dimana terdapat jaringan dari dinding rahim yang tumbuh diluar rahim Endometriosis, Salah Satu Penyebab Nyeri Haid dan infertilitas Penyakit jantung memiliki nama dan beberapa istilah yang penting Anda ketahui artinya. 'Nama Lain' Penyakit Jantung yang Perlu Anda Tahu