Profile
Kesehatan A-Z

Bengkak cedera

Bengkak cedera

Kmrn sy tertabrak motor, dan kaki sy tertimpa motor. Kakiny pertama hanya lecet, tp skrg bengkak. Apakah bengkak spt ini blh diurut?

Answers

3 answers

  • selamat siang

    Dalam ilmu medis, kaki bengkak biasanya disebabkan oleh edema atau adanya penumpukan cairan pada tubuh, tepatnya di kaki. Penyebab kaki bengkak bisa disebabkan bermacam-macam, seperti:

    Kecelakaan, misalnya terjatuh atau terkilir
    Menderita penyakit tertentu seperti sakit ginjal atau sakit jantung
    Luka lebam yang membengkak
    Dalam kasus Anda, sebenarnya, setelah mengalami keseleo atau terkilir, tidak dianjurkan untuk diurut. Dalam dunia medis, kaki yang keseleo atau terkilir akibat jatuh sebaiknya ditangani oleh dokter spesialis ortopedi. Hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada dislokasi ataupun patah tulang. Pada saat diurut, biasanya tukang urut tidak mengetahui kondisi Anda. Diperlukan pemeriksaan seperti tes rontgen untuk mengetahui kondisinya.

    Di dalam menangani bengkak, beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

    Istirahatkan kaki Anda. Batasi gerakan yang terlalu banyak
    Kompres dengan es batu yang dibalut handuk
    Hindari terlalu lama berdiri
    Lakukan peregangan ringan di bagian kaki
    Posisi tidur dengan kaki yang lebih tinggi (ganjal dengan 1-2 bantal)

    sekian semoga bermanfaat

  • Trs kalau misalnya sy jatuh dengan posisi duduk, tp yg kebentur cm sisi sebelah kiri.
    Dan skrg kalo jalan, sakit bgt daerah bokong dan pinggang. Cara sembuhinnya gmn ya?
    Sy udh diksh resep dr dokter, diberi kaflam 50mg utk pereda nyeri.
    Tp skrg jalan msh sakit.

  • Selamat pagi

    Rasa nyeri pada bokong pasca terjatuh memang kerap kali terjadi. Keluhan nyeri terjadi karena adanya benturan dengan benda keras dalam hal ini bisa karena benturan dengan lantai. Benturan ini bisa menimbulkan memar pada bokong, kram otot, atau karena gangguan di tulang. Jika tidak ada gangguan gerak maka kemungkinan penyebab nyeri karena memar di bokong atau kram pada otot. Jika karena kedua hal tersebut maka sebenarnya rasa nyeri tidak akan berlangsung lama, namun memang membutuhkan waktu agar memar bisa berangsur – angsur menghilang. Jika benturan terjadi pada tulang ekor maka akan menimbulkan rasa nyeri yang terasa tumpul (tak terlalu menonjol rasa nyerinya) namun lama kelamaan nyeri akan makin terasa tajam selama aktivitas – aktivitas tertentu, misalnya duduk, beralih dari posisi duduk ke posisi berdiri, ataupun saat berdiri lama. Biasanya nyeri pada tulang ekor bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu hingga bulan. Untuk mengurangi keluhan rasa nyeri yang anda alami ada beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain beri kompres dingin dan hangat pada area yang nyeri. Jika rasa nyeri masih mengganggu maka anda bisa mengkonsumsi obat penghilang nyeri seperti paracetamol, asam mefenamat, dan lain sebagainya.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya Posisi seks konon dapat meningkatkan peluang hamil, padahal ada cara lebih efektif yang bisa Anda lakukan Benarkah Posisi Seks Tingkatkan Peluang Hamil?