Profile
Infeksi

benjolan di area bawah kantung biji

benjolan di area bawah kantung biji
Bekasi

assalamualaikum selamat pagi dok .maaf ya dokter langsung saja !! begini dok ada benjolan di bawah kantung biji saya seperti bisul agak merah & keras juga sakit awal mula ada benjolan sekitar 5bln yg lalu. karena sy kira bisul saya ke apotik tuk beli salep tapi sy di tanya2 oleh petugas apotiknya lalu petugasnya bilang ini bkn bisul tp iritasi lembab dan sy di kasih salep juga obat dan tdk boleh konsumsi telur alhamdulillah dok beberapa jam saya minum obat mulai berkurang sakitnya . setelah 2hari saya pakai salep juga rutin minum obat pagi-sore sdh mulai kempes & kembali seperti semula .beberapa week kemudian muncul lagi hilang lagi ternya setelah sy ingat2 itu kemunculannya lg disebabkan sy telat ganti celana & begitu seterusnya sampai sy stop gunakan celana jeans.tp kadang masih kambuh lg dok kalau telat ganti celana bberapa jam saja .pertanyaan sy benjolan apa ini ya dok juga apakah bisa sembuh total dan tdk muncul lagi. terimakasih dok mohon jwb super dokter terimakasih.

Answers

1 answers

  • Selamat pagi

    Benjolan yang timbul di buah zakar atau testis pada dasarnya dapat diakibatkan oleh beberapa kemungkinan penyebab berikut ini:

    Varikokel (pembesaran pembuluh darah skrotum)
    Kista epididimal (tonjolan akibat mengumpulnya cairan dalam saluran epididimis/saluran halus di belakang testis)
    Orchitis (peradangan pada testis)
    Epididimitis (peradangan epididimis)
    Hidrokel (penumpukan cairan yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan testis
    Cedera testis
    Hernia
    Spermatocele (pengumpulan cairan pada testis)
    Kanker testis
    dan sebagainya

    Berbahaya atau tidaknya benjolan yang timbul tentunya akan sangat tergantung pada penyebabnya. Bila keluhan terus berlanjut ada baiknya Anda menemui dokter spesialis urologi agar benjolan yang timbul dapat diperiksa secara langsung, baik melalui pemeriksaan fisik (dengan pengamatan langsung dan perabaan) maupun tes penunjang jika diperlukan (seperti USG atau tes darah). Dengan demikian penyebabnya dapat ditelusuri sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya.

    Berikut ini anjuran bagi Anda:

    -Kenakan pakaian dalam yang nyaman dan tidak terlalu ketat
    -Mengganti pakaian dalam secara teratur
    -Hindari memencet atau mengurut benjolan yang timbul
    -Lindungi testis dari benturan, jika perlu gunakan pelindung skrotum (misalnya saat berolahraga)

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Infeksi ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tip untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Sperma atau air mani adalah sel reproduksi pada pria yang diproduksi oleh testis.Lalu bagaimana cara memperbanyak sperma yang benar menurut dokter. 6 Cara Memperbanyak Sperma