Profile
Kesehatan Anak

Benjolan dileher kanan

Benjolan dileher kanan

Saya mempunyai bayi usia 4 bulan,, baru 2 hari ini saya lihat ada benjolan di leher sebelah kanannya seperti tulang bengkak.. Itu kenapa y dok.. Terima kasih

Answers

1 answers

  • Selamat siang,

    Benjolan di leher dapat merupakan massa yang terjadi pada kulit (contohnya: kista sebaceous, jerawat ) atau muncul dari struktur leher bagian dalam. Lokasi benjolan akan memberikan peranan penting untuk menentukan apa sebenarnya benjolan itu. Karena leher memiliki banyak jaringan dan organ penting, seperti otot, kelenjar lemak, getah bening, tiroid dan lain-lain, sehingga ada beberapa kemungkinan penyebab.

    Pembengkakan pada leher bagian kanan dapat disebabkan oleh banyak hal, antara lain:
    - Pembengkakan kelenjar getah bening
    - Kista dermoid
    - Kista sebaseus
    - Kista brakial
    - Kista hygroma
    - Lipoma
    - Abses
    - Kalkulus kelenjar saliva
    - Tumor
    - Laringocele
    - dan lainnya

    Benjolan pada leher paling sering disebabkan oleh pembesaran Kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening terdapat pada diseluruh tubuh termasuk pada daerah leher. Kelenjar getah bening memiliki fungsi sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia. Jika terdapat reaksi peradangan atau infeksi pada daerah atau organ lain, maka kelenjar getah bening akan ikut membesar. Namun seiring dengan penyembuhan organ lain yang mengalami infeksi atau peradangan tersebut, maka terjadi pula pengecilan kelenjar getah bening.

    Sebaiknya melakukan pemeriksaan kedokter spesialis Anak, untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pembengkakan leher, sehingga dapat diberikan penanganan yang tepat.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Anak ?
Ask Doctor
Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif