Profile
Kanker Payudara

Bentol pada ketiak

Bentol pada ketiak

Malam dok, sy mau tanya ketiak kanan sy ada benjolan kecil..tp tidak timbul. Bentol nya dari dalam.. Gak sakit cuma terkadang gatal.. Udah beberapa bulan tp bentol tetap ada.. Apakah berbahaya dok? Terimakasih

Answers

2 answers

  • Selamat malam Ibu yang baik, saya akan mencoba menjawab pertanyaan Ibu

    Benjolan di ketiak dapat dialami baik pada pria maupun wanita. Benjolan ini umumnya berasal dari pembesaran kelenjar getah bening yang berada di bawah kulit ketiak yang dimana benjolan ini dapat disebabkan oleh infeksi, alergi, iritasi, kista, menjelang mens, maupun tumor.

    Benjolan yang diakibatkan oleh infeksi biasanya disertai demam dan nyeri di daerah benjolan. Alergi yang biasanya disebabkan oleh deodoran atau produk pembersih ketiak biasanya didominasi oleh gejala gatal. Begitu juga dengan iritasi yang dapat disebabkan oleh alat pencukur bulu ketiak yang biasanya diiringi dengan rasa perih dan gatal di ketiak

    Benjolan di ketiak dapat menjadi indikasi untuk pemeriksaan lebih lanjut apabila telah dialami berbulan- bulan dan tidak kunjung mengecil. Apabila terjadi demikian, saya sarankan untuk ke dokter untuk diperiksa lab darah, mamogram atau usg payudara, tes alergi, biopsi, atau pemeriksaan lain tergantung dari hasil pemeriksaan dokter tersebut agar penyebab pastinya dapat diketahui sehingga penanganan akan lebih tepat

    Tentunya pengobatan benjolan ini tergantung dari penyebabnya masing- masing. Ada beberapa tips yang dapat saya berikan untuk penanganan awal benjolan pada ketiak:
    1. Kompres hangat dapat mengurangi ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh benjolan
    2. Pereda nyeri apabila terdapat nyeri
    3. Penghentian produk pembersih ketiak apabila dicurigai menimbulkan alergi
    4. Jaga kebersihan ketiak dengan menggunakan alat cukur yang higienis

    Terimakasih telah menggunakan layanan Meetdoctor, semoga membantu ya Ibu

  • Salam sehat,

    Benjolan di ketiak umumnya terjadi akibat membesarnya (bengkak) kelenjar getah bening yang terletak di ketiak kanan ataupun kiri. Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem limfatik yang berperan sebagai sistem pertahanan tubuh untuk melawan infeksi.

    Penyebab lain terjadinya benjolan pada ketiak, umumnya adalah virus, lipoma atau jaringan lemak, reaksi alergi, pertumbuhan jaringan non kanker atau fibroadenoma, kanker payudara, dsb.

    Benjolan ketiak dapat muncul pada pria maupun wanita, namun jika terjadi pada wanita, diperlukan perhatian lebih, karena bisa jadi benjolan di ketiak merupakan tumor atau kanker payudara.

    Karena itu, penting untuk selalu mengecek kondisi payudara setiap bulan dengan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri), untuk mengetahui adanya pertumbuhan benjolan dalam bentuk apapun. Ada baiknya, SADARI dilakukan sekitar seminggu sebelum terjadinya siklus menstruasi. Pasalnya, menjelang menstruasi, payudara akan terasa lebih lunak dan sedikit muncul benjolan dan menghilang setelah menstruasi selesai. Kondisi ini adalah normal.

    Lakukanlah pemeriksaan sedini mungkin kedokter bila menemukan adanya benjolan pada ketiak ataupun payudara. Terutama jika benjolan semakin lama semakin membesar, tidak terasa sakit dan tidak kunjung hilang. Penanganan benjolan umumnya tergantung kepada faktor penyebabnya.

    Sebagai tambahan informasi silahkan buka link berikut :
    http://meetdoctor.com/article/benjolan-di-ketiak-berbahayakah
    http://meetdoctor.com/mobile/topic/kanker-payudara

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.
    Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kanker Payudara ?
Ask Doctor
Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan