Profile
Kesehatan Anak

Berat badan anak usia 19 bulan 8,7kg

Berat badan anak usia 19 bulan 8,7kg
Sukabumi

Dear dokter,anak saya lahir BBLR 1,9kg sekarang usianya sudah 19bulan tapi beratnya 8,7kg. Pada usia 6bulan sampai 12bulan makannya bagus selalu lahap tapi setelah usia 13bulan ke atas susah banget makannya memang sih pada usia 13bulan anak saya di rekomendasikan untuk minum susu nutrinidrink untuk membantu menambah berat badannya. nutrinidrink merupakan makanan cair sehingga anak saya kehilangan nafsu makan karena sudah kenyang. Sudah seminggu ini saya coba ganti ke sufor biasa maksudnya sih agar nafsu makan anak saya kembali normal tapi sama saja susah makan. Menurut dokter untuk membantu menaikkan berat badan anak saya harus bagaimana? Apakah anak saya lebih baik di kasih nutrinidrink/makanan cair atau sufor biasa?

Answers

1 answers

  • Halo selamat malam

    Untuk memperkirakan apakah pertambahan berat badan dan tinggi badan kategori normal dapat dilakukan dengan cara sederhana menggunakan kms atau grafik dari who.

    Kartu menuju sehat (kms) adalah kartu untuk pemantauan tumbuh kembang anak, termasuk salah satunya adalah pemantauan berat badan. Apabila pada kartu menuju sehat ditemukan berat badan terhadap umur anak berada pada pita hijau maka kenaikan berat badannya normal. Akan tetapi jika berada di pita kuning maka ibu harus waspada dan usahakan meningkatkan asupan asi pada anak. Akan tetapi apabila berada di bawah garis merah, maka itu menandakan anak mengalami gangguan pertumbuhan dan perlu perhatian khusus, sehingga sebaiknya dirujuk ke dokter spesialis anak agar dilakukan evaluasi status gizi dan tatalaksana lebih lanjut.

    Atau juga bisa diperkirakan secara umum rata-rata berat badan ideal (bbi) menurut usia. Untuk anak usia 1-6 tahun bbi dicari dengan cara: usia (dalam tahun) dikalikan 2 kemudian + 8. Jadi pada anak anda usia 19 bulan (sekitar 1,5 tahun) sekitar 1,5 x 2 + 8 = 11 kg.

    Hal-hal yang dapat anda lakukan jika berat badan bayi kurang yakni:
    - apabila masih konsumsi asi berikan asi sesuai kebutuhan sampai usia 2 tahun, dan juga berikan makanan pendamping asi yang sesuai dengan usianya
    - hindari pemberian obat atau makanan tambahan lain, kecuali atas instruksi dokter anak.
    - rutin kontrol ke dokter anak atau khususnya dokter konsultan gizi anak untuk penanganan lebih lanjut.
    Jadi kami sarankan untuk jenis makanan yang perlu dikonsumsi oleh anak anda, sebaiknya anda konsultasi ke dokter anak anda.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Anak ?
Ask Doctor
Kanker payudara merupakan penyakit yang mematikan, kurangi risikonya dengan pola hidup sederhana Cara Sederhana Mengurangi Risiko Kanker Payudara Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya