Profile
Kesehatan Bayi

Berat badan bayi dalam kandungan

Berat badan bayi dalam kandungan

Dok saya mau nnya nih...apahkah normal jika kandungan 8 bulan berat bayi nya 2killo 300 gram?

Answers

3 answers

  • Selamat pagi

    Berat janin di dalam kandungan dapat diperkirakan (bukan dipastikan) dengan alat USG. Taksiran berat janin melalui USG didapat melalui hasil pencitraan dan rumus-rumus yang ada di dalam alat USG tersebut. Berikut adalah taksiran berat janin usia kandungan 32-35 minggu berkisar 1810-2250 gr.

    Jika melihat range di atas, berat janin anda masih tergolong normal sehingga anda tidak perlu khawatir. Perbedaan berat janin dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut:

    Alat USG. Keakuratan alat USG berbeda-beda. Hal ini menyebabkan hasil pencitraan juga dapat berbeda
    Operator USG. Hasil USG dapat berbeda bergantung pada siapa yang mengoperasikan USG
    Gizi ibu. Makin baik gizi ibu, makin besar berat janin
    Stress. Ibu hamil yang tingkat stress nya tinggi akan berpengaruh kurang baik bagi perkembangan janin

    Sebaiknya anda melakukan kontrol kehamilan secara rutin untuk mengetahui kondisi janin anda. Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan janin yaitu:
    Cukupi nutrisi ibu dan janin dengan makan makanan bergizi
    Konsumsi susu hamil
    Cukupi kebutuhan cairan
    Hindari stress
    Istirahat cukup

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor

  • makasih dok atas jawaban yg memyaskannya...dok kalo sebelum mules2 di sruh ma doktrnya suntik induksi apah bagus efek k bayi sama ibunya???

  • Selamat siang

    Induksi adalah proses untuk merangsang kontraksi rahim sebelum kontraksi alami terjadi dengan tujuan mempercepat proses persalinan. Prosedur ini tidak dapat dilakukan sembarangan karena mengandung lebih banyak risiko dibandingkan persalinan normal.

    Induksi dapat ditawarkan pada kondisi tertentu lainnya, seperti terjadi infeksi pada rahim, bayi berhenti berkembang, kurangnya cairan ketuban yang cukup untuk melindungi bayi, atau jika plasenta luruh dari dinding rahim bagian dalam sebelum persalinan.

    Pada situasi tertentu, seperti ketika kehamilan telah mencapai lebih dari 39 minggu dan ibu tinggal jauh dari rumah sakit, induksi dapat direncanakan untuk mengurangi risiko gangguan pada ibu dan bayi.

    Secara garis besar induksi harus dilakukan dengan pemantauan ketat karena risiko yang cukup tinggi bagi ibu maupun janin.

    Semoga membantu

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Bayi ?
Ask Doctor
Aturan Konsumsi Gula Saat Hamil Aturan Konsumsi Gula Saat Hamil Bahaya merokok bagi kesehatan, selain kanker, juga bisa mempercepat penuaan dan masalah seksual. Tidak hanya perokok aktif yang mendapatan efek negatif rokok. Bahaya Merokok Bagi Kesehatan