Profile
Kehamilan Ektopik

Bercak coklat saat hamil 6 minggu

Bercak coklat saat hamil 6 minggu

Selamat sore dok saya ingin bertanya, saat ini saya hamil usia kandungan 5 minggu dan mengeluarkan. Flek merah awal ny dan berubah menjadi flek coklat kemarin saya usg dan dokter menyatakan kantong rahim saya kosong namum detak jantung bayi masi terdengar , dan sampai hari ini flek coklat itu masi ada dan keluar gumpalan coklat namum saya hancurkan keluae putih putih , apakah saya keguguran dok ? Dan apakah flek saya sekarang berwarna coklat berbahaya untuk saya ? Mohon penjelasan nya dok

Answers

5 answers

  • Selamat sore.

    Keluar flek (disebut juga spotting) adalah perdarahan ringan yang bisa terjadi kapan saja pada saat hamil, terutama pada trimester pertama. Sekitar 20% wanita hamil mengalami spotting pada trimester pertama. Hal ini bisa jadi merupakan bagian alami dari kehamilan, namun perlu dipastikan dahulu bahwa tidak terjadi komplikasi.

    Keguguran ditandai dengan adanya keluarnya flek/gumpalan darah disertai dengan nyeri/kram perut bawah.

    Sehingga jika anda mengalami bercak darah atau flek, maka tentunya tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan kepada dokter spesialis kandungan untuk mengetahui penyebab pasti dari keluarnya bercak/flek tersebut.

    Sebagai informasi untuk anda, dapat anda buka link berikut ini : http://meetdoctor.com/article/flek-saat-kehamilan-berbahayakah

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

  • Saya sudah usg dok dan kata dokter kantong janin saya kosong namum detak jantung bayi masi terdengar jika di cek dari vagina , namum sampai hari ini bercak coklat masi ada apakah ini pertanda keguguran ?

  • Selamat sore.

    Pada umumnya janin akan terdeteksi USG saat usia kandungan 6-8 minggu ke atas, dan jika baru terlihgat kantung saja dokter kandungan akan menyarankan pemeriksaan ulang saat usia 8 minggu ke atas. Jadi hal yang wajar jika janin belum terlihat. Maka dari itu diperlukan pemeriksaan secara berkala.

    Apabila detak jantung bayi masih terdeteksi, kemungkinan belum terjadi keguguran. Bisa saja merupakan ancaman keguguran. Apakah keluarnya flek darah disertai dengan rasa nyeri perut bawah? Apakah dokter yang memeriksa anda memberikan sejenis obat penguat kandungan?

    Terima kasih. semoga bermanfaat.

  • Ada dok, dokter saya memberikan penguat kandungan gel yang di masukkan melalui vagina sudah 2 hari namum tetep flek coklat saya tetep keluar , untuk kram perut tidak ada dok, apakah saya perlu pemeriksaan ulang ? Atau usg ulang ? Karena saya usg terakhir selasa dan dokter menyatakan kantong janin kosong namum detak jantung ada sedikit , apa flek yang terus keluar pertanda keguguran saya semakin dekat ?

  • Selamat sore .

    Apabila dokter memberikan penguat kandungan, maka kemungkinan dokter menduga adanya ancaman keguguran (belum terjadi keguguran). Apabila flek keluar terus, sebaiknya anda berkonsultasi kembali ke dokter untuk memeriksa kondisi janin anda.

    Anda bisa mencari second opinion untuk pemeriksaan USG karena pada dasarnya pemeriksaan USG tergantung dari masing-masing dokter yang mengoperasikan USG tersebut.

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Kehamilan Ektopik ?
Ask Doctor
Diet General Motor sangat mudah diikuti, hanya disarankan mengonsumsi sayur dan buah, serta karbohidrat kompleks. Diet General Motor, Berat Badan Turun Dalam 7 Hari Diet General Motor sangat mudah diikuti, hanya disarankan mengonsumsi sayur dan buah, serta karbohidrat kompleks. Diet General Motor, Berat Badan Turun Dalam 7 Hari