Profile
Hamil

Berhubungan seks 5 hari setelah menstruasi

Berhubungan seks 5 hari setelah menstruasi

Halo dok, Saya dan pasangan saya melakukan hubungan seksual dan pasangan saya menggunakan pengaman tapi ternyata pengamannya (kata pasangan saya) terlepas. Pasangan saya mengatakan kalau pengamannya masih terlihat di mulut vagina saya jadi mudah untuk diambil. Saya dan pasangan sendiri juga tidak tahu apakah ada sisa semen yang ternyata menyentuh kulit vagina saya (karena kami berhubungan di saat gelap). Pasangan saya kondisinya tetap panik dan khawatir bila saya hamil. Bleeding terakhir saya di tanggal 31 Agustus 2018, dan kami berhubungan seks di tanggal 5 September 2018 malam. Siklus menstruasi saya juga normal sekitar 27-28 hari. Pertanyaan saya: 1) Apakah saya ada chance untuk hamil? 2) Berapa lama sperma bisa hidup didalam rahim saya? (Assuming pasangan saya kondisinya sudah kondisi lelah karena setelah perjalanan panjang + bekerja) 3) Kapan saya bisa uji dengan test pack? Terimakasih doc.

Answers

5 answers

  • Selamat Malam Saudari

    1. Kehamilan dapat terjadi pada saat sperma bertemu dengan sel telur yang sudah matang, yaitu saat seorang wanita ovulasi. Ovulasi/masa subur terjadi berbeda-beda setiap wanita tergantung siklus menstruasinya. Kemungkinan hamil tentunya ada selama seorang pria dengan sperme sehat berhubungan intim dengan seorang wanita dengan sel telur sehat pada masa produktifnya dan terjadi pembuahan maka dapat terjadi kehamilan.

    2. Bila sel sperma yang masuk ke dalam tubuh wanita berada dalam kondisi sehat, cairan serviks sedang ideal untuk pembuahan, dan lingkungan vagina serta rahim juga ideal; maka sebagian besar sel sperma dapat bertahan hidup selama 6-7 hari di dalam saluran telur wanita. Di saluran telur inilah peluang terjadinya pembuahan paling tinggi.

    Akan tetapi, karena tidak mungkin terjadi kondisi yang sangat ideal seperti di atas, maka rata-rata sel sperma dapat bertahan hidup selama 3-4 hari di dalam saluran telur.

    3. Testpack adalah alat uji kehamilan berbentuk stik yang dirancang untuk mengetahui apakah urine yang dijadikan sampel mengandung hormon hCG. Hormon ini sendiri diproduksi setelah sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim.

    Test pack dapat dilakukan sejak 12 hari setelah hubungan seksual atau 2 hari sebelum haid selanjutnya.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Halo bu dokter Yohana,

    Terimakasih atas jawabannya. Saya ada pertanyaan lagi:

    1) Ovulasi/masa subur terjadi berbeda-beda setiap wanita tergantung siklus menstruasinya. > Dari statement ini, kira2 masa subur saya tanggal berapa saja? Berdasarkan informasi yg saya sediakan tadi (darah terakhir tanggal 31 Agustus, intercourse 5 September)

    Thanks dok.

  • Selamat pagi Saudari

    Untuk mengetahui masa subur anda, harus diketahui terlebih dahulu apakah siklus menstruasi anda teratur dan berapa lama siklus menstruasi anda setiap bulannya.

    Normalnya, siklus haid terjadi sekitar 21-35 hari. Sebagian besar wanita memiliki siklus haid 28 hari. Pada kelompok ini, masa subur berlangsung pada hari ke-12 hingga ke-16 sebelum hari pertama haid selanjutnya. Sedangkan untuk wanita dengan siklus haid tidak teratur, masa subur bisa diperhitungkan dengan rumus :

    siklus terpendek dikurangi angka 18
    siklus terpanjang dikurangi angka 11
    Hasil perhitungan di atas akan memberikan rentang waktu masa subur Anda, dengan catatan pengamatan siklus haid dianjurkan selama 3-6 bulan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Satu pertanyaan lagi dok. Siklus haid dimulai dari awal atau akhir bleeding?

    Thanks.

  • Selamat sore,

    Cara menghitung siklus menstruasi adalah dari hari pertama haid, bukan dari selesai haid. Jadi sebagai contoh, jika anda mulai haid tanggal 1 Agustus, kemudian haid lagi tanggal 29 Agustus, maka siklus menstruasinya adalah 28 hari.

    Semoga bermanfaat. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

    Salam.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan