Profile
Kesehatan Bayi

Bersin pada bayi

Bersin pada bayi
Kabupaten Landak, Kalimantan Barat

Malam dok, mau tanya nihh.. cara mengatasi bayi yg sering bersin pd usia 1 bln lebih gimana yaaa.. terkadang bayi nya ada batuk juga.. thks

Answers

1 answers

  • Selamat malam

    Bersin merupakan salah satu jenis pertahanan tubuh terhadap partikel atau debu yang masuk ke saluran nafas. Melalui bersin ini pula, sistem pernapasan bayi menjadi lebih berkembang. Namun yang perlu diperhatikan adalah jika bersin pada bayi berlangsung pada waktu yang lama dan intensitasnya sering. Selain itu, perhatikan pula bagaimana suhu tubuh bayi selama ia mengalami bersin. Jika suhu bayi meningkat hingga melebihi 37,5 derajat Celcius, tidak nafsu menyusu, dan sering mengalami bersin-bersin, maka Anda patut waspada. Perhatikan pula mengenai penyebab demam pada anak yang menimbulkan bersin.

    Bagi Anda yang merasa khawatir jika bayi mengalami bersin-bersin, berikut dipaparkan mengenai cara mengatasi bersin pada bayi yang dapat dilakukan oleh orang tua:

    Sesuaikan suhu sekitar bayi. Salah satu penyebab bersin pada bayi adalah suhu di sekitar bayi yang mungkin terlalu dingin bagi bayi. Suhu dingin ini dapat menyebabkan bayi menjadi mudah bersin. Dan jika dibiarkan maka kondisi bayi dapat berlanjut menjadi lebih parah, misalnya saja bayi menjadi terserang pilek.

    Pastikan lingkungan bayi bersih dari debu. Bayi yang bersin-bersin juga bisa diakibatkan oleh efek debu atau lingkungan yang kotor. Sistem pernapasan bayi masih belum sempurna dan masih dalam tahap pematangan. Oleh karena itu ia akan lebih sensitif dengan lingkungan sekitar, salah satunya dengan debu. Para orang tua harus memastikan lingkungan bayi adalah lingkungan yang bersih dari debu sehingga bayi tidak mudah bersin-bersin.

    Jauhkan bayi dari hal-hal penyebab alergi. Berbagai penyebab alergi seperti bulu hewan juga dapat menyebabkan bayi bersin. Jika ada hewan berkeliaran di sekitar bayi dan bayi selalu menunjukkan respon berupa bersin, maka dapat diindikasikan bahwa bayi tersebut terserang alergi. Untuk itu para orang tua harus memastikan semua yang ada di sekitar bayi adalah barang-barang yang aman untuk bayi.

    Susui bayi secara rutin. Salah satu cara mengatasi bersin pada bayi adalah dengan memberikan ASI secara rutin. ASI makanan terbaik untuk bayi. Pemberian ASI akan menjaga kesehatan bayi tetap terjaga. Selain itu, sistem kekebalan bayi juga akan meningkat dengan pemberian ASI eksklusif.

    Beri cukup waktu istirahat untuk bayi. Jika bayi mengalami bersin-bersin dalam intensitas yang sering, pastikan ia mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Sebisa mungkin usahakan bayi untuk dapat tidur dalam kondisi yang kenyang. Istirahat yang cukup akan memulihkan kesehatan bayi.

    Oleskan minyak telon. Cara lain untuk mengatasi bersin pada bayi adalah dengan mengoleskan minyak telon ke seluruh badan bayi. Cara ini dapat juga Anda lakukan dengan terlebih dahulu memandikannya dengan air hangat (sesuai suhu tubuh)/ sesekali mandikan drngan air bersuhu hangat. Ada banyak manfaat mandi air hangat untuk bayi, salah satunya adalah mengurangi bersin pada bayi.

    Semoga membantu

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Bayi ?
Ask Doctor
Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat