Profile
Diabetes

Bertanya

Bertanya
Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Indonesia

Dok saya mau bertnya seputar dm dok. Dok, kalau tanda orang kena dm itu apa berat nya jadi turun dok?

Answers

19 answers

  • dr. Mulya Suwanda dr. Mulya Suwanda Dokter Umum

    Selamat pagi.
    Diabetes tipe 1 dapat berkembang dengan cepat dalam beberapa minggu, bahkan beberapa hari saja. Sedangkan banyak penderita diabetes tipe 2 yang tidak menyadari bahwa mereka telah mengidap diabetes selama bertahun-tahun karena gejalanya cenderung tidak spesifik. Beberapa gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2 meliputi:

    Sering merasa haus.
    Sering buang air kecil, terutama di malam hari.
    Rasa lapar yang ekstrem.
    Turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas.
    Berkurangnya massa otot.
    Terdapat keton dalam air seni. Keton adalah produk sampingan dari metabolisme otot dan lemak yang terjadi ketika produksi insulin tidak cukup.
    Kelelahan.
    Pandangan yang kabur.
    Luka yang lama sembuh.
    Sering mengalami infeksi, misalnya pada gusi, kulit, vagina, atau saluran kemih.

    Terimakasih, semoga bermanfaat.

  • Dok insulin itu sangat berpengaruh bagi tubuh ya dok??

  • dr. Mulya Suwanda dr. Mulya Suwanda Dokter Umum

    Selamat pagi.
    Seluruh sel dalam tubuh manusia membutuhkan glukosa agar dapat bekerja dengan normal. Kadar zat gula dalam darah biasanya dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung.

    Tetapi organ pankreas milik penderita diabetes tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.
    Terimaksih, semoga bermanfaat bagi anda

  • Apakah diabetes ini dpt terjadi karena konsumsi obatan dok, mksd saya bukan obat terlarang.

  • dr. Mulya Suwanda dr. Mulya Suwanda Dokter Umum

    Selamat pagi.
    Terlalu Sering Konsumsi Obat-Obatan Kimia
    Konsumsi obatan kimia dalam jangka waktu yang lama diyakini akan memberika efek negatif yang tidak ringan. Obat kimia ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi mengobati di sisi yang lain mengganggu kesehatan. Bahkan tidak sedikit kasus penyakit berat seperti jantung dan liver serta diabetes diakibatkan oleh terlalu seringnya mengkomsumsi obat kimia. Salah satu obat kimia yang sangat berpotentsi sebagai penyebab diabetes adalah THIAZIDE DIURETIK dan BETA BLOKER. Kedua jenis obat tersebut sangat meningkatkan resiko terkena diabetes melitus karena bisa merusak pankreas

    Terimakasih, semoga bermanfaat bagi anda.

  • Orang tua saya dm, nenek saya juga dm , apakah saya besar kemungkinan dm ?

  • dr. Mulya Suwanda dr. Mulya Suwanda Dokter Umum

    Selamat pagi
    Faktor keturunan atau genetik punya kontribusi yang tidak bisa diremeh untuk seseorang terserang penyakit diabetes. Menghilangkan faktor genetik sangatlah sulit. Yang bisa dilakukan untuk seseorang bisa terhindar dari penyakit diabetes melitus karena sebab genetik adalah dengan memperbaiki pola hidup dan pola makan. Dengan memperbaiki pola makan dan pola hidup insya Allah Anda akan terhindar dari penyakit yang ini.
    Terimakasih, semoga bermanfaat bagi anda.

  • Orang yang badannya gemuk, berisiko dm nya knp bisa ya dok?

  • dr. Mulya Suwanda dr. Mulya Suwanda Dokter Umum

    Selamat pagi.
    Kegemukan bisa menyebabkan tubuh seseorang mengalami resistensi terhadap hormon insulin. Sel-sel tubuh bersaing ketat dengan jaringan lemak untuk menyerap insulin. Akibatnya organ pankreas akan dipacu untuk memproduksi insulin sebanyak-banyaknya sehingga menjadikan organ ini menjadi kelelahan dan akhirnya rusak. Segera hindari makan makanan yang tinggi kalori.
    Terimakasih, semoga bermanfaat.

  • Saya pnya kpnokan dok, dia dm tipe 1, itu sperti apa dok, ?

  • dr. Mulya Suwanda dr. Mulya Suwanda Dokter Umum

    Selamat pagi.
    Penderita diabetes tipe 1 sangat bergantung kepada insulin karena sistem kekebalan tubuh penderita akan menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Hal ini memicu peningkatan kadar glukosa sehingga terjadi kerusakan pada organ-organ tubuh. Hingga saat ini, penyebab di balik diabetes tipe 1 belum diketahui secara pasti.
    Biasanya muncul pada masa remaja atau anak-anak. Karena itu, diabetes tipe 1 juga disebut sebagai diabetes anak-anak. Terapi yg diberikan tidak lain adalah suntik insulin.

    Terimakasih, semoga bermanfaat bagi anda.

  • Itu obatnya memang harus dapat insulin terus ya dok??

  • dr. Mulya Suwanda dr. Mulya Suwanda Dokter Umum

    Selamat malam.
    Selain harus menerima suntikan insulin setiap hari, penderita diabetes tipe 1 juga disarankan untuk menjaga kadar glukosa dalam darah agar tetap seimbang. Misalnya dengan menerapkan pola makan sehat dan menjalani tes darah secara rutin.
    Diabetes tipe 1 lebih jarang terjadi dibandingkan dengan diabetes tipe 2. Di antara 10 orang penderita diabetes, diperkirakan hanya sekitar 1 orang yang mengidap tipe 1.

    Terimkasih, semoga bermanfaat.

  • Beda sama dm tipe 2 apa ya dok?

  • dr. Mulya Suwanda dr. Mulya Suwanda Dokter Umum

    Selamat pagi.
    Diabetes jenis ini disebabkan oleh kurangnya produksi insulin dalam tubuh atau sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin. Kekurangpekaan sel-sel tubuh ini dikenal dengan istilah resistensi terhadap insulin.
    Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang lebih umum terjadi. Sekitar 90 persen penderita diabetes di dunia mengidap diabetes tipe ini.
    Terimakasih telah berkonsultasi dengan meetdoctor, semoga bermanfaat bagi anda.

  • Dm tipe 2 itu sering pada orang gendut ya dok??

  • dr. Mulya Suwanda dr. Mulya Suwanda Dokter Umum

    Selamat pagi
    Diabetes tipe 2 sering dihubungkan dengan obesitas. Memang tidak semua orang yang mengidap obesitas akan otomatis menderita diabetes tipe 2. Tetapi, makin tinggi indeks massa tubuh seseorang, maka risiko diabetes tipe ini juga meningkat. Diabetes akibat obesitas umumnya menyerang para manula.
    Gejala pada penderita diabetes tipe ini biasanya dapat dikendalikan dengan pola makan sehat dan memantau kadar glukosa dalam darah. Tetapi, tetaplah waspada karena penyakit ini akan terus berkembang dalam tubuh dan lambat laun Anda akan membutuhkan langkah pengobatan.

    Terimakasih, semoga bermanfaat.

  • Dok kok bisa ya orang hamil dm, pada hal sebelum nya dia gak dm, ipar saya gitu. Kturunan fm gak ada tpi bisa dm

  • dr. Mulya Suwanda dr. Mulya Suwanda Dokter Umum

    Selamat pagi.
    Dm saat hamil dalam istilah kedokterannya disebut dm gestasional. Bukan dm tipe 1 maupun tipe 2.
    Diabetes Melitus Gestasional adalah gangguan dari glukosa yang dipicu oleh kehamilan, biasanya menghilang setelah melahirkan . Diabetes Melitus Gestasional didefinisikan sebagai gangguan toleransi glukosa berbagai tingkat yang diketahui pertama kali saat hamil tanpa membedakan apakah penderita perlu mendapat insulin atau tidak.

    Terimakasih. Semoga bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Diabetes ?
Ask Doctor
Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil