Profile
Hamil

Bisakah hamil dgn cairan pra ejakulasi?

Bisakah hamil dgn cairan pra ejakulasi?

Singkat cerita, saya baru nikah 1 bulan. Istri saya masih takut sakitnya berhubungan seks. Jadi saya tidak memaksa dan mulai pelan2 agar dia terbiasa. Bulan lalu pada saat masa suburnya, hampir setiap hari saya memasukkan kepala penis dalam vagina nya dengan tujuan agar dia terbiasa sedikit demi sedikit. Walaupun saya merasa tidak mengeluarkan cairan pra ejakulasi, tapi saya kurang yakin karena vagina istri saya basah (saya tidak bisa merasakan apakah penis saya basah krna pra ejakulasi). Tapi sebelum melakukan itu, saya sudah pipis berkali kali dan tidak ejakulasi dlm waktu berdekatan (ejakulasi terakhir sekitar 20-24 jam sebelumnya). Saya juga tidak ejakulasi di dekat vagina istri saya (selalu ditelan istri saya). Sekarang istri saya sudah telat haid 6 hari namun tidak merasakan gejala2 hamil. Yg menjadi pertanyaan saya, apakah ada kemungkinan istri saya hamil walaupun dia msh perawan, saya tidak ejakulasi di dalam, dan saya sdh pipis/tidak ejakulasi dlm wktu berdekatan sebelumnya?

Answers

5 answers

  • Selamat malam,

    Apabila terdapat cairan sebelum ejakulasi, maka umumnya hal ini merupakan cairan pelumas dan tidak mengandung sperma sehingga tidak dapat menimbulkan efek pembuahan. Tetapi ada juga cairan pra ejakulasi yang mengandung sperma apabila sebelum pra ejakulasi sudah di dahului ejakulasi dengan rentang waktu yang berdekatan/beberapa saat.

    Jika sperma sudah masuk melewati vagina ada kemungkinan untuk terjadinya pembuahan. Kontraksi lembut pada rahim membantu sperma hidup dalam saluran reproduksi mencapai sel telur. Sperma-sperma akan melakukan perjalanan sepanjang kurang lebih 18 cm dari leher rahim ke tuba falopi di mana sel telur biasanya berada. Umumnya sperma-sperma ini dapat berenang dengan kecepatan 2,5 cm tiap 15 menit. Beberapa sperma dapat menghabiskan waktu setengah hari untuk mencapai tujuan. Sementara sperma tercepat biasanya mencapai sel telur dalam waktu 45 menit.

    Pembuahan terjadi apabila sperma bertemu dengan sel telur. Pembuahan harus terjadi dalam waktu 24 jam setelah sel telur dihasilkan. Namun jika sperma tidak juga menemukan sel telur untuk dibuahi, mereka dapat tetap bertahan dalam tuba falopi hingga 7 hari setelah hubungan seksual. Jika dalam 7 hari tersebut wanita mengalami ovulasi, maka pasangan tersebut akan mengalami kehamilan.

    Sebaiknya istri Anda melakukan pemeriksaan testpack jikahasilnya negatif dan masih mengalami keterlambatan haid maka istri Anda dapat mengulangi pemeriksaan testpack kembali seminggu kemudian.

    Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda

  • Jadi tetap ada kemungkinan cairan pra ejakulasi mengandung sperma walaupun saya sudah pipis berkali kali sebelumnya dan tidak ejakulasi dlm waktu berdekatan?

  • Selamat malam,

    Seperti yang telah dijelaskan, cairan pre ejakulasi merupakan cairan yang tidak mengandung sperma adalah. Sperma terdapat dalam cairan ejakulasi yang mengikuti pre ejakulasi tersebut. Akan tetapi apabila dalam rentang waktu berdekatan seseorang akan ejakulasi kembali, cairan pre ejakulasi yang kedua ini dapat membawa sisa-sisa sperma dari ejakulasi sebelumnya yang mungkin masih terdapat pada sepanjang saluran kemih pria tersebut.

    Semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

    Salam.

  • Jadi dapat saya simpulkan cairan pra ejakulasi tidak mengandung sperma kecuali terjadi ejakulasi dlm waktu berdekatan sebelumnya. Dan jika sebelum ejakulasi, tidak terjadi ejakulasi sebelumnya dalam waktu berdekatan dan sudah pipis berkali kali, makan cairan pra ejakulasi tidak mengandung sperma dan tidak akan menyebabkan kehamilan. Benar begitu dok?

  • Selamat malam

    Saluran reproduksi pria berbeda dengan saluran kemih walaupun tempat keluarnya sama. Cairan praejakulasi berfungsi untuk membantu menetralkan lingkungan asam dari uretra dan juga membantu melindungi sperma yang akan keluar.
    Cairan praejakulasi tidak mengandung satupun sperma, yang artinya cairan ini tidak bisa membuahi sel telur.

    Semoga membantu

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
 p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma  p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma