Profile
Jerawat

bolehkah ibu hamil pakai wardah white secret?

bolehkah ibu hamil pakai wardah white secret?

Dok saya mau tanya, umur saya 21th dulu saya pakai cream pemutih sekarang saya lagi progam hamil cuman kata kaka saya ga boleh pakai cream yg biasanya saya pake. Saya ganti sama wardah white secret, cuman seminggu saya make kulit saya muncul jerawat Pas saya baca baca lagi dia untuk umur 25th keatas. Kirakira apa yaa dok cream yg bagus untuk saya yg lagi progam hamil?

Answers

4 answers

  • Selamat pagi

    Pada dasarnya penggunaan produk kecantikan saat program kehamilan atau saat sedang hamil diperbolehkan, asalkan anda memperhatikan kandungan dari produk yang anda gunakan. Pastikan produk yang anda gunakan aman dan terbebas dari bahan-bahan berikut ini, anda dapat mengeceknya pada kemasan produk yang anda gunakan:
    - Merkuri
    - Asam retinoat yang biasa terdapat di obat jerawat, cream pemutih dll.
    - asam salisilat yang banyak terdapat pada obat jerawat, handbody berpemutih dll
    - PABA yang biasa terdapat di tabir surya
    - Hidrokuinon yaitu pemutih kulit

    Bila terbebas dari bahan tersebut, maka anda dapat menggunakannya saat program kehamilan atau saat hamil. Memang penggunaan suatu krim, lotion, atau obat oles penyerapannya akan lebih sedikit dibandingkan dengan zat yang dikonsumsi langsung dengan cara diminum. Akan tetapi tetap harus diwaspadai kandungannya, meskipun kecil, tetap ada penyerapan zat yang terjadi. Jadi pastikan produk yang akan anda pakai, bebas dari bahan-bahan di atas.

    Terimakasih

  • Iyaa terimakasih yaa dok.

  • tapi dok apakah yang mungkin terjadi apa bila ibu hamil tetap menggunakan cream yg mengandung bahan-bahan tersebut?

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore,

    memakai kosmetik dalam keadaan hamil tidak apa apa, selama kosmetik yang anda pakai tidak mengandung bahan berikut :

    Retinoid
    Retinoid merupakan bahan berbahaya yang tidak boleh ada di peralatan kosmetik ibu hamil. Lihat dulu komposisi di balik kemasan kosmetik apakah ada kandungan retinoid di dalamnya. Retinoid merupakan zat berbahaya sebab bisa menyebabkan janin mengalami kecacatan fisik maupun mental. Kandungan ini biasanya terdapat pada obat jerawat, salep jerawat dan juga krim anti jerawat.

    Merkuri
    Merkuri merupakan zat berbahaya yang sering ditemukan dalam kosmetik. BPOM banyak menemukan kosmetik berbahaya yang mengandung merkuri. Banyak kosmetik ditemukan mengandung merkuri di pasar kosmetik. Bahan berbahaya ini bisa menyebabkan ibu hamil mengalami kerusakan hati dan gagal ginjal. Begitu pula dengan janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil.

    hydroquinone
    Kandungan berbahaya ini sama dengan merkuri. Bahan hydroquinone bisa mebahayakan kesehatan ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil. Produk krim pemutih yang instan banyak mengandung hydroquinone jika ibu hamil tidak teliti dalam membeli.

    BHA
    Kosmetik yang mengandung BHA ada di krim jerawat. Jika ibu hamil menggunakan krim jerawat yang mengandung BHA sangat membahayakan bagi janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil.

    Benzoil Peroxyde
    kandungan berbahaya benzoil peroxide bisa diserap oleh pori-pori kulit dan masuk ke dalam organ tubuh. Produk ini bisa dibuat dalam bentuk olesan. Misalnya saja untuk produk jerawat yang dioleskan berbentuk krim dan juga gel.

    Rhodamin
    kandungan berbahaya dalam produk kecantikan bernama rhodamin berwujud seperti pewarna tekstil. Pewarna tekstil tidak boleh ada di dalam produk kecantikan. Alasannya adalah produk kecantikan yang mengandung rhodamin bisa membuat ibu hamil terkena kanker serta untuk janin bisa menimbulkan kecacatan.

    namun masih banyak produk produk atau bahan yang terkandung dalam prouk kosmetik yang perlu dihiondari oleh ibu hamil. Jangan sampai memakai bahan atau perawatan yang dapat membahayakan janin hingga menimbulkan cacat saat lahir. Oleh karena itu,sebaiknya anda menanyakan ke dokter kandungan anda produk produk kecantikan apa saja yang bisa digunakan oleh anda.

    berikut artikel yang brhubungan dengan keluhan anda :
    http://meetdoctor.com/article/10-efek-samping-kosmetik-yang-tidak-anda-sadari

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Jerawat ?
Ask Doctor
 p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma  p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma