Profile
Merokok

BoleHkah ibu menyusui merokok?

BoleHkah ibu menyusui merokok?

Dok, saya mau bertanya, sebelum hamil saya adalah perokok berat. Tapi setelah mengetahui saya hamil saya berhenti merokok dan untuk mencium bau rokok saja saya tidak suka / mual. Tapi setelah anak saya lahir, keinginan merokok itu muncul lagi dok. Rasanya sama seperti ingin merokok waktu sebelum hamil. Yang saya tau merokok bagi busui memang berbahaya. tapi apakah boleh dok ibu menyusui itu merokok walau sekali saja setidaknya satu batang untuk mengurangi rasa ingin itu. ? soalnya untuk bener-bener berhenti rasanya susah.

Answers

3 answers

  • Selamat pagi...
    Ibu menyusui tidak boleh merokok karena dapat menyebabkan bayi terpapar nikotin. Tidak hanya dari asap yang dikeluarkan, nikotin juga kemungkinan dapat masuk ke dalam kandungan ASI.
    Selain merokok, ibu menyusui juga tidak boleh : minum minuman beralkohol, makan ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi, makan buah dan sayur tertentu yang diduga dapat memicu alergi dan membuat bayi rewel, meminum kafein yang terlalu banyak, mengonsumsi obat - obatan herbal.

    Dalam usaha untuk membuat tubuh lebih sehat dengan salah satu caranya adalah melepaskan diri dari dari kecanduan merokok, hal yang paling utama adalah tekad dan niat yang sangat kuat. Sampai saat ini, belum ada penelitian medis kredibel yang berhasil membuktikan keefektifan obat terhadap usaha menghilangkan kecanduan merokok. Obat - obatan tersedia hanya untuk membantu mengatasi gejala putus rokok yang mungkin saja terjadi akibat berhenti merokok ( misalnya mulut terasa pahit atauasam, gelisah, rasa tidak nyaman, atau pusing), bukan menghilangkan rasa candu rokok.

    Berikut cara - cara agar lepas dari kecanduan rokok :
    Bulatkan niat dan tekad untuk berhenti merokok selamanya. Apabila niat dan tekad tidak kuat, metode dan pemakaian obat-obatan apapun tidak akan efektif secara optimal.
    Pahami bahwa berhenti merokok ini adalah sesuatu yang HARUS dilakukan, demi kesehatan sendiri dan dan orang-orang yang berada disekitar, terutama keluarga. Kandungan dan asap rokok terlah terbukti menyebabkan berbagai macam penyakit saluran pernafasan dan jantung.
    Niat ini secara tidak langsung akan memberikan manfaat dalam sisi ekonomi, yakni tidak perlu lagi mengeluarkan uang rutin untuk rokok.
    Pahami bahwa mungkin pada awal proses, akan muncul berbagai keluhan seperti pusing, tidak enak pada mulut, atau pusing. Namun jangan khawatir karena keluhan - keluhan tersebut secara perlahan akan menghilang ketika tubuh Anda sudah mampu beradaptasi bebas rokok. Kuatkan tekad bahwa hal - hal tersebut hanya bersifat sementara. Umumnya, apabila dapat bertahan melewati 1 minggu tidak merokok, proses selanjutnya akan menjadi lebih mudah.
    Kelola stress, bukan dengan merokok, melainkan dengan hal sehat lain, seperti olahraga, mendengarkan musik, pijat, atau yoga. Selain itu, di awal masa percobaan untuk berhenti, sebisa mungkin hindari situasi yang mendatangkan stres.
    Hindari pemicu, misalnya berkumpul dengan sesama perokok, minum kopi, atau minuman keras. Jika terbiasa merokok setelah makan, Anda bisa mencari cara lain sebagai pengganti, seperti mengunyah permen karet atau menggosok gigi.

    Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di:
    https://meetdoctor.com/mobile/topic/merokok
    Terimakasih telah menggunakan layanan meetdoctor. Semoga jawabab yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda.

  • Tapi saya coba searching di google itu katanya kalau belum bisa sepenuhnya berhenti bisa merokok 1 batang dan merokok di luar ruangan yang jauh dari bayi dan jangan menyusui setelah merokok. Minimal beri jarak antara merokok dan menyusui minimal 1,5 jam dok. Apakah benar begitu?

  • Selamat pagi..
    Perlu diperhatikan pada kondisi yang justru harus membebaskan diri dari bahan kimia, yakni salah satunya ialah fase menyusui.
    Pada fase ini, penggunaan obat-obatan medis saja sebisa mungkin dihindari oleh karena segala bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh ibu, berpotensi untuk masuk pula dalam kandungan susu yang akan diminum oleh sang buah hati Anda.

    Oleh karenanya jelas selama masa menyusui, mengonsumsi obat-obatan tanpa indikasi yang jelas, merokok, atau shisha sekalipun, sangat tidak dianjurkan, demi kebaikan diri sendiri dan sang buah hati.

    Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di:
    https://meetdoctor.com/mobile/article/resiko-akibat-merokok
    Terimakasih telah menggunakan layanan meetdoctor. Semoga jawabab yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Merokok ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan