Profile
Otak dan Sistem Saraf

Cacingan?

Cacingan?

3 hari ini saya merasa seperti ada yang hewan bergerak di seluruh tubuh saya terjadi malam hari membuat saya insomnia karena rasa gatal akibat hewan bergerak tersebut lalu saya search di google di sana keluar artikel yg mengatakan bahwa itu bisa jadi cacing pita dalam tubuh saya dan jga pada hari ketiga saya merasakan yang bergerak itu mulai naik satu persatu ke bagian otak seperti masuk ke dalam otak membuat kepala saya gatal dan sedikit pusing di bagian tengah otak ketika saya search di google lgi artikel yg keluar bahwa bisa jdi larva cacing pita itu sudah menyebar keseluruh tubuh saya lalu mulai menyerang otak apakah itu benar dok? Karena ketika hewan bergerak itu serasa masuk ke dalam otak saya gelisah dan insomnia tidak hanya di situ beberapa bagian masih terasa seperti ada hewan bergerak membuat gatal di seluruh tubuh, lalu apa yg harus saya lakukan? Saya takut ini benar larva cacing pita dan apa saran dokter lebih baik saya CT Scan atau MRI? Terima kasih,

Answers

3 answers

  • Selamat pagi

    Kulit atau badan yang terasa dirayapi, atau ada yang bergerak di bawah kulit, yang kadang diikuti rasa gatal, perih, hingga nyeri, dapat diakibatkan oleh beberapa hal, yaitu :

    Infeksi cacing . Telur cacing biasanya berasal dari kotoran binatang seperti anjing dan kucing, begitu juga kotoran manusia, dan menetas di tanah yang hangat dan lembab. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa gatal dan kemerahan yang khas pada kulit yang berpindah-pindah sesuai jalur pergerakannya di bawah kulit.
    Kerusakan saraf, sehingga menimbulkan sensasi kulit yang tidak normal seperti rasa tertusuk, geli, kesemutan, terbakar, hingga kebas / baal pada kulit tanpa disertai adanya kelainan / penyakit kulit yang jelas.
    Gangguan psikis, seperti delusional. Penderita gangguan ini memiliki keyakinan yang salah ( tidak sesuai kenyataan / fakta ) mengenai adanya suatu parasit tertentu dalam tubuhnya, sehingga menimbulkan perasaan / sensasi halusinasi berupa adanya benda yang merayap di permukaan kulit, yang digambarkan sebagai serangga, kutu, atau cacing.
    Penyakit kulit lain, misalnya dermatitis akibat alergi
    Penyakit morgellons. Suatu kelainan pada kulit yang jarang, timbul kemerahan atau luka pada kulit yang menyebabkan rasa gatal yang sangat, sensasi benda tertentu merayap diatas dan dibawah kulit, biasanya dipersepsikan sebagai gerakan, sengatan, atau gigitan serangga, sehingga kadang menyebabkan kelelahan yang berat dan kehilangan memori jangka pendek bagi penderitanya, dan ditemukannya material berupa serat, benang, atau bahan tipis elastis berwarna kehitaman di dalam dan di permukaan kulit.

    Jika disebabkan oleh infeksi, biasanya sensasi dirayapi tersebut hanya terasa di bagian tertentu, kemudian dapat berpindah ke bagian lain, namun tidak secara bersamaan dirasakan di beberapa tempat. Infeksi juga biasanya disertai kelainan yang tampak pada kulit, seperti kemerahan, luka, atau bengkak / tampak benjolan. Jika disebabkan gangguan sel syaraf atau gangguan psikis, sensasi dirayapi biasanya dirasakan lebih luas dan tidak tampak kelainan kulit yang jelas.

    Oleh karena itu, anda dianjurkan memeriksakan diri ke dokter atau RS untuk dilakukan pemeriksaan fisik atau pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan sampel kulit, pemeriksaan syaraf jika diperlukan. Apabila penyebab dan diagnosa telah ditemukan, maka selanjutnya dapat diberikan terapi yang tepat.

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor

  • Kadang terjadinya gk bersamaan dok dan rasanya gatal lalu ketika di garuk malah jdi merah trus luka seperti darah menggumpal. Cara mengetahui bahwa itu delusional bagaimana yaa dok? Karena ini beneran saya berasa dan otak saya seperti ada yg bergerak seperti geliat2 setelah itu terasa gatal nyeri lalu panas seperti ingin menggaruk kepala bagian tengah hingga belakang dengan kasar. Yg saya takutnya ini benar infeksi cacing sudah menyebar ke otak tdinya saya mau CT scan tetapi katanya MRI lebih aman karena saya mau lihat apakah benar di otak saya ada cacingnya atau tidak

  • Selamat sore,

    Untuk kondisi yang terjadi pada anda, memerlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter terlebih dahulu karena banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Mengenai pemeriksaan penunjang seperti CT Scan atau MRI hal tersebut tergantung oleh pemeriksaan dokter apakah memang diperlukan atau tidak.

    Pada umumnya pasien yang mengalami infeksi cacing pada kulit akan merasakan sangat gatal pada kulit terasa ada yang bergerak dan terdapat lesi khas infeksi cacing yang diketahui saat pemeriksaan fisik oleh dokter. Akan tetapi apabila infeksi cacing telah menyebar ke sistem saraf pusat atau otak, biasanya pasien juga akan mengalami gangguan neurologis seperti penurunan kesadaran dll. Jadi menurut kami masih terlalu dini untuk menyimpulkan apa yang terjadi pada anda. Silakan berkonsultasi lebih lanjut pada dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

    Semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

    Salam.

Anda punya pertanyaan seputar Otak dan Sistem Saraf ?
Ask Doctor
Bahaya merokok bagi kesehatan, selain kanker, juga bisa mempercepat penuaan dan masalah seksual. Tidak hanya perokok aktif yang mendapatan efek negatif rokok. Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Cegah ISPA dengan menghentikan penyebaranny, pemberian vaksin, dan berhenti merokok. 4 Cara Cegah ISPA