Profile
Hamil Anggur

Cara kb alami

Cara kb alami

Siang dokter, sy wanita berusia 33 tahun. 2 bln lalu habis kuret mola dan tdk boleh hamil dl selama 1thn. Krn sy ada riwayat tumor dipayudara, jd dokter sy menganjurkan untuk kb spiral. Tp sy takut, sedangkan kalau pakai kondom sering copot dan spermanya mengenai area V sy. Yg mau sy tanyakan, bagaimana cara kb alami dengan menghitung masa tidak subur kalau menstruasi sy tidak lancar? Kadang 2 atau 3 bln sekali menstruasinya dgn tanggal yg tdk pasti. Selama ini sy tdk kb krn sy agak sulit mendapatkan anak, menurut 2x pengalaman sy slama 4thn baru bs hamil. Tapi krn ada riwayat mola jd khawatir jg klo tdk kb. Mohon penjelasannya, terima kasih.

Answers

3 answers

  • Selamat siang.

    Siklus haid merupakan rentang waktu antara hari pertama haid sampai hari haid pertama berikutnya. Siklus haid normal biasanya 21-35 hari.

    Masa ovulasi biasanya terjadi 12-14 hari sebelum hari pertama haid. Masa subur berkisar di sekitar masa ovulasi, yakni kurang lebih 5 hari sebelum ovulasi. Umumnya 12-16 hari sebelum hari pertama haid berikutnya. Dengan kata lain, rata-rata masa subur di antara hari ke 10-17 setelah hari pertama haid sebelumnya. Hal ini berlaku bagi wanita yang mempunyai siklus haid teratur 28 hari.

    Lamanya haid dapat bervariasi, yaitu sekitar 2-7 hari. 

    Selain proses ovulasi, kehamilan sangat ditentukan oleh proses sperma menjangkau sel telur. Agar kehamilan terjadi, sel telur matang harus dibuahi dalam waktu 12-24 jam.

    Umumnya masa subur dihitung berdasarkan catatan dan analisis siklus haid kurang lebih dalam 8 bulan terakhir.

    Perhitungan dibuat berdasarkan siklus haid:
    - Ketahuilah siklus haid terpendek: 29 (contoh) hari dikurangi 18 = 11. Angka ini menunjukkan hari pertama saat Anda berada pada masa paling subur 

    - Ketahuilah siklus haid terpanjang: 32 (contoh) hari dikurangi 11 = 21. Angka ini menunjukkan hari terakhir saat Anda berada pada masa paling subur.

    Jika siklus haid berkisar 29-32 hari, maka masa paling subur berada pada hari ke 11-21.

    Indikator lain untuk mengetahui masa subur, ditandai dengan:
    - Suhu tubuh basal meningkat
    - Ada lendir dari mulut rahim
    - Nyeri ringan-berat pada perut atau punggung
    - Perasaan lebih bergairah

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

  • Dok, apakah kb iud copper T efek sampingnya bisa menimbulkan gatal-gatal di badan?

  • Selamat pagi Ibu

    Umumnya KB IUD tidak menimbulkan keluhan gatal pada badan. Terkait dengan gatal, akan lebih baik jika Anda memeriksakan diri ke dokter secara langsung supaya bisa dilakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebab gatalnya sehingga Anda bisa diberikan penanganan yang tepat ya. Penanganan gatal akan disesuaikan dnegan penyebab misalnya dengan antihistamin, kortikosteroid oral atau salep, antibiotik topikal, atau antijamur topikal atau oral.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil Anggur ?
Ask Doctor
Posisi seks konon dapat meningkatkan peluang hamil, padahal ada cara lebih efektif yang bisa Anda lakukan Benarkah Posisi Seks Tingkatkan Peluang Hamil? Protein adalah pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan karena bikin kenyang lebih lama 7 Protein Terbaik untuk Turunkan Berat Badan