Profile
Hamil

Cara mempercepat kontraksi & permbukaan

Cara mempercepat kontraksi & permbukaan

Sselamat pagi dok, Saat ini usia kehamilan 39w1d, saya sudah sring melakukan jalan kecil di pagi hari, hubungan dngan suami juga sdah sya lakukan, tpi kenapa sampai skrang belum jga ada kontraksi ya? Apakah ada cara lain untuk mempercepat kontraksi & pembukaan, mengingat ini adalah kehamilan pertama saya, jdi sya sedikit ada rasa khawatir karena saya sangat menginginkan melahirkan normal. Terimakasih

Answers

7 answers

  • Selamat siang Ibu

    Memang pada usia kehamilan 9 bulan janin sudah berusia matang dan siap untuk dilahirkan. Pada umumnya, janin siap dilahirkan jika sudah berusia 37 sampai 42 minggu. Kelahiran pada masa usia kehamilan tersebut masih dikatakan normal. Memang, pada usia kehamilan 39 minggu pada beberapa orang ada yang belum mengalami tanda-tanda persalinan.

    Tanda persalinan yang dimaksud antara lain :
    - perut mulas,
    - pecah ketuban,
    - adanya pembukaan pada pemeriksaan dalam.

    Jika pada usia tersebut belum terdapat tanda persalinan, biasanya hanya dilakukan observasi atau pemantauan hingga usia 42 minggu kehamilan. Namun dalam pemantauan tersebut ada beberapa yang harus diperhatikan diantaranya :
    - pemeriksaan tiap minggu berkala,
    - adakah ketuban pecah,
    - bagaimana perkembangan gerak janin apakah semakin melemah atau aktif berlebihan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Untuk gerakan janin sendiri sejak 3 hari yg lalu malah semakin aktif, kadang kencang di bagiab depan & samping kiri perut, itu menandakan apa ya dok?

    Yg sya rasakan saat ini hanya perut bawah yg kadang keram, miss v cenut cenut, pinggang & punggung mulai yg terasa pegal,, apakah itu bisa dibilang menandakan waktu melahirkan yg sudah dekat?

    Terimakasih dok

  • dr. Izkar Ramadhan dr. Izkar Ramadhan Dokter Umum

    selamat siang bu.

    rasa kencang-kencang pada perut diusia kehamilan 37-42 minggu itu biasa menandakan mulai adanya kontraksi pada uterus/ rahim ibu. kontraksi inilah adalah salah satu tenaga untuk mengeluarkan janin ibu.

    Biasanya awal kontraksi. kontraksi belum bersifat teratur (hanya datang-datang saja) bila nanti kontraksi sudah teratur kira-kira 3-4 kali dalam 10 menit dg lama waktu > 40 detik dan ditandai dengan pembukaan.

    untuk rasa pegal dan nyeri di punggung biasanya disebabkan oleh beban perut di depan yg sudah mulai berat dan posisi tubuh yg berubah karena mencegah beratnya.

    segeralah ke pelayanan kesehatan terdekat bila ada gejala :

    - mulas pada perut yg semakin sering
    - gerakan janin melemah atau tidak dirasakan lagi
    - keluar air/darah dari jalan lahir
    - Demam dan keluhan lainnya

    trimakasih telah menggunakan jasa konsultasi meetdocotor. semoga bermanfaat

  • Adakah larangan2 tertentu yg harus di hindari untuk usia kehamilan sya ini yg menginjak 39w1d...?

    Yg mungkin bsa memperlambat kontraksi..

    Terimakasihh dok

  • Selamat siang Ibu

    Tidak ada larangan khusus untuk anda di usia kehamilan 39 minggu ini. Yang terpenting adalah jaga kesehatan anda dan kontrol teratur ke bidan atau dokter kandungan anda setiap minggunya atau bila ada tanda tanda persalinan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Selamat sore dok.

    Kehamilan saya sudah hampir 42minggu tapi belum ada tanda2 kontraksi. Padahal saya setiap jalan kaki,setiap hari berhubungan dengan suami sampai minum obat alinamin-f habis 20butir,tapi kenapa masih belum ada tanda2 si dedek keluar? Tolong dok mungkin ada resep obat yg lainnya selain diinduksi

  • dr. Fadma Yuliani dr. Fadma Yuliani Dokter Umum

    Selamat malam dear
    Pertama-tama, kehamilan aterm adalah kehamilan yang berusia antara 37-42 minggu. Jadi kelahiran pada rentang itu merupakan hal yang normal. Jika kurang berarti prematur jika lebih berarti lewat bulan / serotinus. Kehamilan lewat bulan juga tidak baik, karena pada usia kandungan diatas 42 minggu ari-ari tidak lagi cukup untuk menyediakan nutrisi pada janin, dan kondisinya dapat menurun, dan bahkan bukan tidak mungkin menyebabkan kondisi gawat janin dan bahkan kematian janin di dalam kandungan. Maka dari itu, umumnya dokter akan menghindari kelahiran diatas 42 minggu karena resiko yang ada. Jadi, jika usia kandungan sudah memasuki 42 minggu dan belum ada tanda-tanda akan melahirkan, sebaiknya kunjungi dokter, khususnya dokter kandungan dan kebidanan untuk dilakukan penanganan lebih lanjut sehingga kelahiran sudah dapat terjadi.mungkin perlu dilakukan tindakan untuk mempercepat proses kelahiran entah dengan operasi caesar atau dengan induksi/pemacuan.

    Semoga berrmanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan meetdoctor

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Kanker payudara merupakan penyakit yang menakutkan. Namun, ada harapan untuk pencegahan kanker ini. 7 Hal Baru Tentang Kanker Payudara yang Perlu Anda Tahu Cegah ISPA dengan menghentikan penyebaranny, pemberian vaksin, dan berhenti merokok. 4 Cara Cegah ISPA