Profile
Kesehatan Anak

Cara meningkatkan berat badan bayi bblr

Cara meningkatkan berat badan bayi bblr

Dok.. baby sy lahir cukup bulan dgn berat 2,4 jenis kelamin perempuan. Sy beri asi dan sufor bblr (krna asi sy sedikit). Tapi sudah sebulan kenapa bb nya tidak kunjung naik ya. Sy bingung hrus bgmna. Mohon solusinya dok.

Answers

5 answers

  • Selamat sore..

    Perlu anda pahami bahwa peningkatan berat badan pada bayi normal akan berubah seiring pertambahan usia. Pada bayi baru lahir (1-4 minggu), sebagian besar bayi akan mengalami penurunan berat badan beberapa ons setelah lahir. Setelah itu, beratnya akan kembali naik menjelang usia dua minggu.

    Sedangkan pada bayi usia satu bulan hingga usia enam bulan, tinggi bayi akan bertambah sekitar 2,5 cm per bulan dan berat badan meningkat 140-200 gram per minggu.

    Berat badan akan terus bertambah selama pola dan kebiasaan makan bayi berlangsung baik. Jadi anda tidak perlu khawatir selama bayi anda tetap mau menyusu cukup banyak dan tidak sakit, berat badan bayi anda akan meningkat secara bertahap.

    Pastikan bahwa anda tetap mengkonsumsi makanan dengan gizi cukup untuk membantu memberikan nutrisi pada ASI yang akan diminum oleh bayi anda.

    Anda juga dapat menggunakan kurva berat badan serta tinggi badan pada buku KIA yang diberikan pada anda. Dengan penimbangan berat badan serta pengukuran panjang badan tiap bulannya, anda dapat melihat pertumbuhan bayi anda. Jika berat badan berapa pada garis kuning, anda sudah harus waspada, kemungkinan gizi anak anda kurang, sedangkan jika berada pada garis merah atau dibawahnya, berarti terjadi gangguan nutrisi pada bayi anda. Pada kondisi seperti ini anda harus berkonsultasi pada dokter anak untuk mendapatkan penanganan yang sesuai, sehingga pertumbuhan bayi anda akan terkejar dan menuju kondisi normal.

    Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di:
    https://meetdoctor.com/article/periode-pertumbuhan-bayi
    Terimakasih telah menggunakan layanan meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda.

  • Dok kalau bb bayi sudah normal apakah pemberian sufor bblr bisa di hentikan?

  • Selamat Malam Ibu

    Bila berat badan bayi anda sudah dalam batas normal maka anda tentu sudah dapat mengganti susu formula bayi anda, namun ada baiknya tetap didiskusikan terlebih dahulu ke dokter anak anda.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Dok selama menyusui asi saya keluar hanya sedikit, kalau di pump sekali pump 2 PD paling byk 50ml. Padahal asi sering rembes/netes di baju tp kalu di pump hasilnya dikit.
    Apa jumlah makanan yg sy makan mempengaruhi jumlah asi? Selama menyusui nafsu mkn sy tetap ga kurang ga nambah, pdahal menurut org2 kalau menyusui kita jd mudah lapar. Apa sy perlu konsumsi penambah nafsu makan ya dok?

  • Selamat pagi,

    Sebenarnya tidak ada makanan/minuman yang dapat memperbanyak ASI. Produksi ASI akan semakin banyak, tergantung dari hisapan bayi. Semakin sering payudara dikosongkan, payudara akan produksi ASI kembali. Sehingga jika payudara jarang dihisap/dipompa, produksi ASI akan semakin berkurang.

    Suplemen-suplemen yang beredar di pasaran sebenarnya hanya sebagai lactagogue saja, yaitu dipercaya oleh masyarakat dapat meningkatkan produksi ASI, tetapi sampai sekarang belum ada penelitian mengenai hal tersebut.

    Kosongkan payudara dengan dihisap atau dipompa setiap 3 jam.

    Ada baiknya berkonsultasi dengan konselor ASI di kota anda.

    Semoga membantu

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Anak ?
Ask Doctor
Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan