Profile
Kanker Serviks

ciri-ciri kanker serviks

ciri-ciri kanker serviks

Hai dokter,, saya mau bertanya dok, saya umur 24 tahun blum menikah,, saya srg bca artikel ttg kanker serviks, dan saya khawatir dok, saat puasa kemaren saya haid smpe 2 minggu, sering keputihan, dan terdapat sejenis kutil d kemaluan saya,, saya ingin periksa tapi saya bingung hrus periksa kmna dok,,? Tolong bantuannya dokternya Terimakasih

Answers

2 answers

  • Halo, selamat pagi
    saya akan coba membantu menjawab pertanyaan anda

    Sebelumnya saya akan menjelaskan terlbih dahulu tentang kanker serviks itu sendiri. Kanker serviks atau dikenal juga dengan Kanker leher rahim adalah terjadinya perubahan struktur sel menjadi suatu keganasan di daerah mulut rahim (biasa disebut sebagai serviks). Semua wanita berisiko terkena kanker serviks. Kanker ini disebabkan oleh virus HPV dan biasanya ditularkan melalui hubungan seksual.

    Kanker Serviks sendiri memiliki tanda-tanda yang patut diwaspadai, antara lain:
    - Siklus menstruasi yang tidak teratur.
    - Intermenstrual atau pendarahan yang terjadi di antara periode menstruasi.
    - Pendarahan tidak normal usai berhubungan badan.
    - Nyeri punggung, nyeri kaki, dan nyeri panggul.
    - Mudah lelah.
    - Penurunan berat badan dan hilang nafsu makan.
    - Bengkak di salah satu kaki.
    Tetapi dari tanda semua diatas tidak selalu pasti mengarah ke kanker serviks. Oleh karena itu sebaiknya kita mencegah agar tidak terkena kanker serviks dengan menghindari faktor risiko serta rutin memeriksakan diri ke dookter kandungan. Terutama, bagi wanita yang sudah aktif berhubungan seksual. Misalnya, melakukan pap smear setiap setahun sekali dan apabila Anda memiliki satu atau beberapa faktor risiko atau ada keluhan yang mengarah ke penjelasan di atas dapat diulang setiap 6 bulan dan 4 bulan sekali.

    Sekarang sudah ada vaksin kanker serviks yang sebaiknya memang diberikan pada semua wanita yang akan aktif berhubungan seksual, oleh karena tidak ada yang dapat menjamin bahwa partner seksual tidak membawa bibit kanker serviks, yakni Human Papilloma Virus (HPV). Kementrian kesehatan mengatakan bahwa usia untuk melakukan vaksinasi kanker serviks paling optimal ialah antara 9-13 tahun, karena pada usia tersebutlah diperkirakan seseorang belum pernah melakukan hubungan seksual. Vaksin kanker serviks dapat dilakukan pada usia berapapun dan disuntikkan sebanyak 3 kali.

    Nah dari tanda yang and sebutkan jika baru terjadi pertama kali itu wajar saja, terutama keputihan yang terjadi saat sesudah haid dan sebelum haid. Untuk kutil di daerah kemaluan jika tidak ada nyeri, kemerahan, atau tambah membesar wajar saja. JIka sebaliknya sebaiknya anda konsultasikan langsung ke dokter spesialis kandungan.

    Untuk tambahan referensi anda, silahkan buka link dibawah ini:
    https://meetdoctor.com/topic/kanker-serviks
    https://www.meetdoctor.com/article/penyebab-kanker-serviks?ref=question_redirect
    https://meetdoctor.com/article/kanker-serviks-pahami-gejalanya
    https://meetdoctor.com/article/kenali-tanda-tanda-kanker-serviks
    https://meetdoctor.com/article/fakta-kanker-serviks
    https://meetdoctor.com/article/kemungkinan-pemulihan-dari-kanker-serviks

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Anda dapat mencegah gejala Kanker Serviks dengan minuman kesehatan wanita Rose V. Kandungan Rose V meliputi :
    1. Manjakani
    2. Daun Sirih
    3. Kayu Rapet
    4. Kunci Pepet
    5. Daun Sirih, dll

    Untuk pemesanan bisa langsung kunjungi website cosmeloka.com

Anda punya pertanyaan seputar Kanker Serviks ?
Ask Doctor
 p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma  p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma