Profile
Menstruasi

Darah menstruasi berlendir

Darah menstruasi berlendir

Dok, saya mau tanya. Ini kan saya mens dengan siklus yg tdk beraturan. Awal saya mens sekitar tgl 30 sampek tgl 7 bln maret. Tp bulan maret tgl 27 sudah keluar bercak darah dan ternyata keluar terus hingga sekarang tgl 6 april. Periode sblmnya mens memang 1-10 hari sampai darah haid bener bener bersih. Namun di awal awal haid saya keluar lendir gitu barengan sama darah, sebelumnya saya belum pernah seperti ini. Dan tgl 6 april juga keluar lendir banyak, warnanya merah tapi tidak pekat. Dan sekitar tgl 1-6 april bebarengan dengan saya tidak enak badan, sehingga harus mengkonsumsi obat. Apakah ini efek karna minum obat atauu gejala lain ya dok. Mohon penjelasanya . Terimakasih

Answers

1 answers

  • Selamat pagi

    Menstruasi merupakan suatu keadaan fisiologis yang normal dialami oleh wanita setiap bulannya. Biasanya siklus menstruasi adalah 26-30 hari, dengan lama menstruasi 3-7 hari. Namun, angka ini tidak mutlak, dan akan berbeda pada tiap Individu. Volume darah setiap siklus menstruasi biasanya berkisar antara 30 - 40 ml, namun beberapa wanita dapat mengeluarkan hingga lebih dari 60 ml, hal ini dapat disebabkan oleh hal-hal berikut :

    Faktor hormonal, yang dapat dipengaruhi oleh daya tahan tubuh, makanan, maupun berat badan
    Kehamilan yang tidak normal/keguguran
    Penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim (IUD)
    Penyakit radang panggul
    Gangguan pembekuan darah
    Kanker rahim
    Polip atau fibroid pada rahim
    Sindrom polikistik ovari
    dan lainnya

    Anda memang harus waspada pada kondisi di mana menstruasi tidak normal, salah satunya menstruasi lama lebih dari 7 hari, siklus menstruasi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari, ada perdarahan di antara menstruasi, nyeri yang tak tertahankan saat menstruasi, dll. Jangan ragu untuk datang memeriksakan dri Anda ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dokter akan melakukan pemeriksaan pada organ reproduksi Anda, baik secara manual, ataupun dibantu dengan pemeriksaan penunjang lain seperti pemeriksaan laboratorium darah, atau USG. Anda sekaligus dapat mendiskusikan kemungkinan untuk hamil Anda dengan Dokter, karena beberapa penyebab haid lama memang dapat mempengaruhi kesuburan, sehingga perlu diketahui terlebih dahulu penyebab dari keluhan Anda. Pengobatan yang diberikan akan tergantung dari penyebab, Dokter mungkin akan memberikan obat-obat hormonal, atau obat lainnya yang dapat membantu mengatasi keluhan Anda. Sedangkan lendir bening yang keluar setelah menstruasi adalah hal yang lumrah terjadi. Lendir yang normal umumnya berwarna bening hingga putih, tidak berbau, tidak menyebabkan gatal, panas, atau perih di area organ intim. Lendir ini biasanya diproduksi oleh serviks atau leher rahim, dan berfungsi untuk membawa keluar sel-sel mati dan bakteri. Bila keputihan yang Anda alami menjadi berbau atau berubah warna, itu merupakan salah satu tanda lendir yang tidak normal, Anda dapat segera memeriksakan diri Anda ke dokter. Beberapa tips yang dapat Anda lakukan :
    Terapkan pola hidup sehat, istirahat cukup, konsumsi makanan bergizi, olahraga
    Stop merokok, atau konsumsi alkohol
    Jaga kebersihan daerah kewanitaan, misalnya mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang organ intim. Setelah buang air kecil, bersihkan dari depan (lubang kencing) ke arah belakang (anus)
    Konsumsi air putih 8 - 10 gelas perhari
    Lakukan hubungan intim yang sehat dan aman

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
ISPA adalah infeksi saluran pernapasan akut yang disebabkan oleh virus ISPA, Penyakit Apa? Kanker payudara sangat menakutkan. Menjaga berat badan, salah satu cara untuk meminimalkan risikonya Tiga Langkah Mudah Kurangi Risiko Kanker Payudara