Profile
Depresi

depresi

depresi

tolong saya benar2 mau mati saja. ada cara terbaik untuk bunuh diri? obat tidur apa yg dapat dicari di apotik terdekat? tolong bantu saya dok. terimakasih

Answers

3 answers

  • Selamat malam,

    Dalam dunia kesehatan, depresi adalah salah satu gangguan kesehatan mental yang terjadi sedikitnya selama dua minggu atau lebih yang memengaruhi pola pikir, perasaan, suasana hati (mood) dan cara menghadapi aktivitas sehari-hari.

    Gejala diantaranya yaitu:
    - Kehilangan selera untuk menikmati hobi.
    - Merasa bersedih secara berkepanjangan.
    - Mudah merasa cemas.
    - Merasa hidup tidak ada harapan.
    - Mudah menangis.
    - Merasa sangat bersalah, tidak berharga, dan tidak berdaya.
    - Tidak percaya diri.
    - Menjadi sangat sensitif atau mudah marah terhadap orang di sekitar.
    - Tidak ada motivasi untuk melakukan apa pun.
    Berpikir atau mencoba bunuh diri.

    Cara mengatasi depresi diantaranya yaitu:
    - Lakukan aktifitas yang Anda senangi yang dapat membuat Anda melupakan masalah yang Anda hadapi
    - Hindari menyendiri, cari komunitas dan teman berbagi
    - Berkumpul atau temui anak-anak yang kurang mampu seperti ke panti asuhan atau ke sekolah disable agar menimbulkan rasa syukur dan semangat untuk menjalani hidup atau bahkan hingga mendapatkan kasih sayang dari mereka
    - Mendekatkan diri pada Tuhan YangMahaEsa, mengingat dan meyakini bahwa Tuhan tidak akan memberi cobaan pada umatNya diluar kemampuan
    - Meminta nasihat pada orang-orang soleh dan berbagi cerita dengan orang terdekat

    Dan perlu diingat bahwa mengakhiri hidup tidak akan menyelesaikan masalah, masih banyak diluar sana orang-orang yang kurang beruntung namun tetap memiliki semangat hidup.

    Dan sebaiknya Anda juga disarankan mengunjungi psikiater untuk sekedar berkonsultasi atau meminta solusi baik berupa nasihat atau bahkan obat.

    Semoga bermanfaat. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

    Salam.

  • dok boleh tau obat tidur apa yg dapat dibeli di apotik biasa?

  • Selamat Malam

    Insomnia adalah kondisi saat seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur cukup lama sesuai dengan waktu yang dibutuhkan tubuh meski dia memiliki kesempatan untuk melakukannya. Penderita insomnia akan mengalami kondisi susah tertidur atau membutuhkan waktu yang lama untuk bisa tidur, mudah terbangun saat tidur dan sulit tidur lagi setelah terbangun. Kurangnya tidur ini menyebabkan kondisi fisik penderita insomnia menjadi tidak cukup fit untuk melakukan aktivitas keesokan harinya dan berpotensi mengganggu kesehatan seseorang. Insomnia dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari akibat gaya hidup dan masalah kenyamanan ruangan kamar, hingga akibat gangguan psikologi seseorang, masalah kesehatan fisik, dan efek samping obat-obatan tertentu.

    Pengobatan insomnia dimulai dengan merubah perilaku seseorang, seperti dengan penerapan waktu tidur dan bangun tidur secara disiplin setiap harinya. Biasanya pendertia insomnia akan disarankan untuk tidak tidur siang, sehingga mudah lelah pada saat malam hari, dan memudahkan seseorang untuk tidur pada saat malam hari. Selain itu sebaiknya penderita mengurangi kebiasaan merokok, konsumsi kafein, serta konsumsi alkohol. Biasanya dokter juga akan melakukan pemeriksaan pada penderita insomnia untuk menentukan penyebab kesulitan tidur. Terapi perilaku kognitif untuk mengatasi insomnia atau CBT-I biasanya disarankan bagi mereka yang telah mengalami gangguan tidur yang tidak juga membaik setelah melakukan perubahan pada pola rutinitas tidur. CBT-I ini dilakukan dengan bimbingan dokter dengan tujuan mengubah pikiran dan perilaku negatif yang menjadi penyebab insomnia, menjadi pikiran dan perilaku positif.

    Jika dengan terapi kognitif pun tidak terjadi perbaikan pada penderita insomnia, maka biasanya penderita akan diberikan obat tidur (baik golongan benzodiazepine dan golongan non-benzodiazepine). Pemberian obat ini biasanya diatur oleh dokter umum atau dokter spesialis kesehatan jiwa berdasarkan indikasi yang jelas, sehingga obat ini tidak boleh dibeli sendiri oleh penderita tanpa indikasi yang jelas dan tanpa resep dokter. Obat ini sifatnya hanya sementara sampai dokter mengetahui penyebab insomnia penderita dan menentukan langkah yang tepat untuk mengatasi penyebab tersebut. Obat tidur memiliki banyak efek samping dan dapat menyebabkan ketergantungan. Sehingga sebaiknya jika anda mengalami masalah gangguan tidur, anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Depresi ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami